Hi, Nice to meet you!

A Lucky and Proud Mom of "RAKA PUTRA BUMI" (GDD & agenesis corpus callosum diagnose) | Freelance as Fashion Stylist | Cappucino Lover | I am a Cancer sign
YUNITA

What Read Next

[REVIEW]: Tempat Terapi Terdekat Raka



Cari tempat terapi itu susah susah gampang dan juga cocok-cocokan dengan anak. Banyak juga yang sebenarnya bisa saja ambil tempat terapi yang terdekat dengan rumahnya, tapi malah memilih untuk ambil yang jaraknya lebih jauh. Temen Raka ada yang begitu karena lebih cocok sama terapisnya. Maaf iya guys, Pembahasan ini harusnya gw tulis setelah pindah rumah ini mah. Baru nemu feel-nya untuk nulis atau lebih tepatnya baru punya waktu dan bisa fokus makanya cuslah tak bahas sekalian.


Sebelumnya Raka terapi di RSUD Pasar Rebo pakai BPJS. Kebetulan dulu gw ngontrak di daerah pinang ranti makanya dari Puskemas Makassar dirujuk ke RSUD Pasar Rebo waktu awal-awal diagnosis sampai dapat rujukan ke rehabilitasi medik. Nggak ada yang gimana-gimana selama terapi di sana dari umur 4 bulan. Perkembangan Raka banyak perubahannya kok. Bisa jadi karena gw selalu berusaha melatih dia juga di rumah sebisa gw sesuai arahan terapis. Gw nggak ada foto pula selama terapi di RSUD Pasar Rebo πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… adanya video itu juga pertama kali terapi.
Yang paling bikin nggak enak itu adalah alur dan antrian BPJS-nya. Paham gw, namanya juga pakai fasilitas dari Pemerintah yang GRATIS, jadi harus lebih keluarin effort tinggi, juga kesabaran yang banyak πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… hahaha. Gw bilang begini bukan berarti pelayanan BPJS ditiap rumah sakit sama iya. Banyak kok rumah sakit umum daerah yang alur dan antriannya lebih friendly.
Di RSUD Pasar Rebo, Ruang terapinya satu ruangan besar untuk beberapa anak yang entah mau terapi okupasi atau integritas atau fisioterapi. Alat terapinya juga tidak begitu lengkap waktu Raka di sana. Agak disayangkan sih ini.


Sekarang berhubung sudah lama pindah ke rumah mamaku di Bekasi, Raka pindah terapi di Satria Kid Center, Kranji. Hitungannya lumayan jauh sih kalo dari rumah. Cuma yang harganya terjangkau di situ. Awal pindah kita mikirnya, iya udahlah coba keluarin duit lebih aja siapa tahu perkembangan Raka jauh lebih pesat kalau terapi yang bayar sendiri dibanding BPJS. Setelah pencarian panjang tempat terapi, iya terpilihlah 'SATRIA KID CENTER'. Ini juga rekomendasi dari teman online Raka makanya berani coba.

Lokasi


Satria Kid Center berada di Jalan Patriot Ruko Patriot Center No.19, RT.004/RW.003, Kranji. Posisi tempat terapinya nggak begitu terlihat kalau dari jalan menurut aku. Warna gedungnya kuning sekarang dan sudah banyak renovasi,  jadi terlihat lebih kids friendly. Parkirannya juga lumayan luas. Lagipula ruko dekat-dekat tempat terapi masih banyak yang kosong jadi bisa numpang parkir hehehe. Sekarang bagian atas gedungnya sudah keseluruhan dicat kuning. Makin eye catching kan gedungnya, jadi kemungkinan lebih mudah terlihat dari jalan raya.Foto tampak depan di bawah ini, aku dapat dari google maps

tempat terapi terdekat di bekasi, satria kid center




Fasilitas


Fasilitas alat terapi yang mereka punya juga lengkap kok menurut gw. Ada kolam bola, ayunan, perosotan, bola terapi, dll dan mereka punya beberapa ruangan untuk dipakai khusus terapi okupasi, terapi wicara dan terapi yang berhubungan dengan kesulitan belajar. Jadi anak bisa lebih maksimal terapinya.

Ini salah satu ruangan yang diawal masuk sering Raka gunakan untuk fisioterapi. Gw dan GB juga bisa masuk sambil melihat tahapan terapi Raka. Supaya latihannya bisa diparktekkan juga beberapa di rumah. Di ruangan ini sekarang ada standing frame dan meja dan kursi terapi baru loh. Raka beberapa kali dikasih pakai sama terapisnya. Bonus neh foto Raka lagi kesel sendiri gara-gara belajar duduk berdiri 😝😝😝





Nah kalo ini ruangan integritas, gw cuma bisa mantau dari kaca luar ruangan aja, nggak boleh masuk. Ruangan ini bisa diisi 2 atau 3 anak biasanya. Lumayan lengkap kan fasilitasnya. Untuk ruangan okupasi, gw nggak pnya fotonya karena nggak bisa terlihat dari kaca dan gw juga nggak bisa masuk. Begitu juga terapi wicara. Raka juga baru uji coba terapi wicara minggu lalu.



Biaya


Biaya terapi di Satria Kid Center terjangkau kalau menurut gw iya. Biasanya seperti kebanyakan tempat terapi lainnya, pasti di awal masuk harus melalui tahap assesment dulu. Untuk mendapatkan jadwal assesment, kalian bisa menghubungi pusat informasi Satria kid center di nomor

 Biaya assesment di awal memang agak bikin kaget iya hahaha. Cuma iya worth it aja kalau di Raka. Nanti ketika assesment, kalian akan bertemu Pak Handoko untuk diobservasi dulu, dilihat Raka butuh terapi apa saja untuk meningkatkan perkembangannya. Setelah diobservasi, baru deh Raka dikasih jadwal. Waktu itu gw request jadwal sama terapis fisioterapi maunya sama ibu Lia dan di hari Sabtu. Kenapa sabtu? Kalau hari lain nggak ada yang nganterin gw sama Raka zheyeng. Ayahnya kerja. Biar irit ongkos maksud gw juga, lumayan naik ojek online yang mobil ongkos PP-nya. Bikin meringis ini dompet.

Ini gw lampirkan biaya terbaru di Satria Kid Center




Sekarang Satria Kid belum buka terapi di hari Minggu karena covid. Sedih sih, Raka tuh nambah terapi oral motor. Niatnya mau di minggu, berhubung tidak ada, gw bablasin 3 sesi di hari Sabtu πŸ˜“πŸ˜“ kasihan Rakanya cuma nggak ada pilihan lain.

Untuk info lebih lanjutan, kalian bisa hubungi Bu Vivi lewat WA 0818155347.

...

Selama Raka terapi di Satria Kid, ALHAMDULILLAH BANGET YA ALLAH. Sampai capslock semua tuh tulisan hahaha saking bersyukurnya gw masukin Raka ke tempat terapi yang cocok. Raka banyak banget perkembangannya. Jauh lebih banyak perkembangannya begitu pindah ke Satria Kid. Ini sih memang terapisnya yang luar biasa. MAKASIH BANYAK BU LIA DAN PAK NANTA😁😁😁 Super banget terapis-terapis Satria kid tuh. 


Ibu-ibu yang lain semangat terus iya. Semoga ketika cari tempat terapi untuk anak bisa langsung cocok kayak yang gw alami 😘😘😘







Comments

  1. Ka, berapa kali terapi raka udah terlihat perkembangan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo maaf baru aku bales . Aku nggak ngitung mulai bagus perkembangannya setelah berapa kali. Karena kita gak bisa perkirakan juga. Asal di rumah juga kita terapi sesuai arahan terapisnya, kemungkinan bisa semakin baik perkembangannya.

      Delete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *