Hi, Nice to meet you!

A Lucky and Proud Mom of "RAKA PUTRA BUMI" (GDD & agenesis corpus callosum diagnose) | Freelance as Fashion Stylist | Cappucino Lover | I am a Cancer sign
YUNITA

What Read Next

[REVIEW]: Susu Penambah Berat Badan Yang Pernah Raka Konsumsi

[REVIEW]: Susu Penambah Berat Badan Yang Pernah Raka Konsumsi yunitasinthadewi.com


Gw yakin semua orang tua pasti maunya, anak memiliki tumbuh kembang yang baik. Gw paham banget gimana rungsing-nya hati emak-emak ketika anaknya kelihatan kurus. Segala macam usaha dilakukan. Konsul ke dokter, cari referensi resep makanan yang bisa menaikkan berat badan dan pastinya mencari referensi susu atau vitamin penambah berat badan buat jadi solusi jalan buntu kita. Betul nggak? 😝😝😝

Hal ini juga terjadi di Raka kok. Gw udah merasakan ini dari awal dia mulai makan sodara-sodara. Indah sekali kalau gw ingat-ingat moment itu. HAH...! hahaha. Sekeras apa pun gw mencoba iya bakalan susah untuk bisa mengejar berat badan dia. Karena Raka ada kelainan di otak. Itu membuat perkembangan Raka jadi terlambat termasuk perkembangan oral motor dia. SO, ketika Raka terdeteksi belum mampu makan dengan mulutnya sendiri,seharusnya dia sudah pakai selang NGT. Tapi yang terjadi, DENIAL dari beberapa orang disekitar gw. Gw sendiri sebagai ibunya, sudah ikhlas loh kalau memang Raka harus pakai NGT. Sedih sendiri gw jadinya kalau ingat hahaha karena feeling kuat gw ke anak kayak diragukan sama orang terdekat gw 😂😂 But it's okay, gw yakin ini udah rencana ALLAH yang paling baik.

Anyways, back to the topic...

Jalan keluar paling tepat untuk Raka waktu awal adalah SUSU PENAMBAH BERAT BADAN. Gw nggak ujuk-ujuk langsung cari sendiri itu susu. Tetap dengan anjuran dan arahan dokter iya cintaku. Masalahnya Raka masih umur hitungan bulan. Gw takut ada resiko yang nggak gw inginkan.

Kapan anak mulai mengkonsumsi susu penambah berat badan?

Bagus tidaknya berat badan anak itu tidak diukur dari bentukan badannya iya emak-emak. CAMKAN ITU! 😂 Berat badan anak biasanya diukur oleh doktermengacu pada grafik yang ada di buku Kesehatan Ibu dan Anak atau sekarang bisa dilihat juga lewat aplikasi PrimaKu yang dikeluarkan IDAI. Coba deh dibuka lagi buku pink-nya.


buku kesehatan ibu dan anak untuk mengukur penambahan berat badan anak

aplikasi primaku untuk mengukur penambahan berat badan anak


Disitu ada Grafiknya dan setiap kali konsultasi ke dokter pasti ditimbang untuk memantau berat badan anak. Berat badan anak dikatakan baik kalau BB anak selalu berada di grafik warna hijau muda. Kalian bisa was-was dan konsultasi lebih lanjut ke dokter kalau grafik anak kalian berada di warna hijau tua, warna kuning atau amit-amit ada di warna merah. Itu baru butuh evaluasi lebih lanjut dengan asupan gizi yang didapat anak. Jadi nggak usah parno duluan lihat badan anak kok kurus iya, gw kasih susu penambah berat badan deh biar berisi. Padahal mah grafiknya aman aja. Makanya jangan lihat sesuatu dari penampilannya aja iya guys.

Nah..si Raka, grafiknya awal mah hijau tua. Bertahap berubah ke warna kuning, udah mulai dianjurkan kasih tambahan susu formula tinggi kalori sampai puncaknya di umur 16 bulan, berat badan Raka ada di garis merah 😭 I KNEW IT FROM THE FIRST TIME! KENAPA GAK ADA YANG PERCAYA DAN DENGER GW! 😭
Disaat itu iya sudah, FIX! Raka pakai selang NGT dan harus selalu mengkonsumsi susu penambah berat badan.

Gw akan kasih beberapa info beberapa susu penambah berat badan anak yang Raka pernah konsumsi dari dia umur entah berapa bulan sampai sekarang. Sebenernya Raka harus konsul lagi ke dokter anak. Memastikan langkah selanjutnya kalau berat badan anak sudah bertambah dengan baik tapi oral motor masih belum bagus. Karena saat ini, gw yakin ini anak belum bisa lepas dari selang NGT sepenuhnya dengan kemampuan oral motor dia yang kayak gitu. Let's see what's happen next.

1. Infantrini


Ini susu yang paling awal banget direkomendasikan sama dokter anak-nya Raka, untuk menambah berat badan di umur 5 apa 6 bulan gitu. Karena susu ini diperuntukkan bagi anak usia 0-12 bulan. Susu ini ada bentukan bubuk dan juga cair. Waktu itu, gw beli infatrini yang kemasan kecil 400gr untuk coba dulu aja cocok atau tidak di Raka. Susu penambah berat badan ini, kalorinya sangat tinggi 100 Kkal/100mL. JADI, TOLONG TIDAK DIGUNAKAN TANPA ANJURAN DOKTER IYA!! Pake tanda seru dua tuh iya gw hahaha. 




Itu informasi kandungan gizi dari susu infatrini. Gw nemu foto ini dari lazada.sg . Mudah-mudahan sama aja tiap negara kandungan gizi-nya. 
Bicara efek di Raka setelah mengkonsumsi susu ini, pup-nya agak keras kalau nggak salah inget. Raka juga kurang suka sama rasanya, makanya lebih sering dilepehin.

Harga susu infatrini kemasan 400gr berkisar antara Rp 229.900 ke atas

Tempat Beli : toko online shop, beberapa toko susu, rumah sakit atau apotik.

2. SGM Gain 74

Nah...setelah infatrini, gw beralih ke susu ini karena jauh lebih ramah di kantong gw dan pup raka juga aman. Pilihan ini atas anjuran dokter anak. Gw cerita kalau infatrini terlalu mahal hahaha. SGM GAIN 74 ini hanya ada dalam bentuk bubuk iya. Tidak ada yang cair. Tapi dia ada 2 kemasan, 200gr dan 400gr. Susu ini diperuntukkan bagi anak usia 1-12 bulan. Gw searching lagi tentang SGM Gain 74, eh tahunya sekarang sebutannya jadi SGM Ananda Gain 100. Cuma ganti kemasan. Dulu yang aku tahu ada 3 macam. SGM BBLR (untuk anak yang baru lahir prematur atau dengan berat kurang selama di rumah sakit), SGM Gain 74 Presinutri (untuk anak yang baru lahir prematur atau dengan berat kurang setelah pulang dari rumah sakit) dan SGM Gain 74 complinutri yang kemasan merah.

SGM ANANDA GAIN 100 untuk penambah berat badan anak

kandungan gizi SGM ANANDA GAIN 100 untuk penambah berat badan anak
Raka alhamdulillah aman sentosa selama konsumsi ini. Berat badan masih rendah karena nggak bisa ditelen dengan baik susunya. Waktu itu belum pakai selang NGT jadi gw harus susah payah ngasih dia susu pakai sendok 😭😭😭

Harga untuk SGM Ananda Gain 100 ukuran 400gr sekitar Rp 99.500 ke atas. 

Tempat beli:  toko online dan juga supermarket. Gw pernah lihat ini di TIPTOP Supermarket, Carrefour juga pernah.

3. Pediasure Triplesure

Pediasure andalan gw banget dulu hahaha. Harga memang lebih mahal dari SGM, cuma dibawahnya infatrini kalau nggak salah. Yang menyenangkan, dulu itu Pediasure ada kemasan 1,6 kg. Susu penambah berat badan anak berkebutuhan khusus itu rasanya nggak ada yang jual sampai ukuran sebesar itu. Paling banyak itu 800gr. Raka mengkonsumsi susu Pediasure Triplesure sampai akhirnya Raka pakai selang NGT. Tenang banget hati gw waktu itu, anak udah bener-bener ada asupan gizi walaupun dari selang. I don't fucking care yang penting dia terselamatkan nyawanya. Eh...Nggak lama, pediasure ukuran 1,6 kg ini jadi langka, susah dicari dan harganya mahal GILA! Gw menduga, kalau ini susu mau ganti kemasan, jadi diberhentikan produksinya. Bener aja dugaan gw hahaha. Setelah kemasan baru muncul, nggak ada lagi tuh kemasan kaleng yang 1,6 kg itu. Gw pun udah keburu ganti susu, begitu dia semakin langka. Berasa dikhianati gw sama pediasure 😭😭😭 Kenapa kalau udah sayang malah ditinggal sih. KESEL! 

Sekarang Pediasure ada 2 jenis yaitu Pediasure dan PediaComplete. Ini aku kasih gambaran perbedaaannya iya, supaya nggak salah pilih terutama untuk ibu dari anak berkebutuhan khusus yang sedang cari susu kalori tinggi.


Perbedaan susu pediasure dan pediacomplete penambah berat badan


Kandungan gizi susu pediacomplete penambah berat badan anak


Di atas juga gw lampirkan nutrisi yang ada di pediacomplete. Gw lebih suka Raka mengkonsumsi susu yang ada prebiotik-nya, karena asupan gizi Raka hanya dari susu aja selama melalui selang NGT.  Makanya, masalah yang paling sering muncul itu iya dipencernaannya. Selama pake pediasure ini alhamdulillah aman. Makasih banget ini sih ke Raka. Dia lumayan gampang kalau ganti susu. 

Harga susu Pediasure 850gr berkisar Rp 280.000 ke atas. Lumayan juga iya harganya sekarang hahaha. Tapi iya nggak diragukan lagi memang kualitas gizinya.

Tempat Beli : Supermarket ada, toko online ada, apotik juga ada.


4. Nutren Junior

Inilah susu selanjutnya yang Raka konsumsi setelah Pediasure hilang dari peredaran susu hahaha. Ini kalau nggak salah pakai whey protein kayak pediasure. Bebas laktosa juga dan paling penting ada prebiotik-nya. Susu ini sudah ganti kemasan sekarang. Cuma nggak sampe susah dicari sih kemarin. Gw berani pindah ke susu ini, yang utama pasti masalah harga iya bun hahahha puyeng asli deh kalau anak harus konsumsi susu tinggi kalori gini haha. Teman terapi Raka pernah konsumsi ini dan katanya bagus. Iya cuslah gw coba. Gw nggak pake konsul ke dokter, karena gw pikir iya udahlah Raka konsumsinya kan memang susu aja dan harus tinggi kalori, berapa banyaknya konsumsi sehari, iya gw sesuaiin aja sama ketentuan dokter sebelumnya. Tetep salah sih gw kayaknya bertindak seperti itu.


susu nutren junior penambah berat badan anak. tinggi kalori

kandungan gizi susu nutren junior penambah berat badan anak. tinggi kalori


kandungan gizi susu nutren junior penambah berat badan anak. tinggi kalori


Walaupun nggak nanya dulu ke dokter, alhamdulillahnya nggak ada alergi sih. Nggak sembelit juga anaknya. Raka memang pup-nya nggak setiap hari. Tolong jangan ditiru iya kelakuan gw ini 😓😓😓

Susu ini diperuntukkan bagi anak usia 1-10 tahun

Harga susu Nutren Junior 800gr: Rp 252.000 di official store online

Tempat beli : Toko official store online, E-commerce, rumah sakit, beberapa supermarket dan apotik of course.

5. Blenuten

Susu ini keluaran baru dari perusahaan ORDESA. Waktu itu mereka lagi promo, gw nyoba beli aja. Kebetulan yang dia tawarkan itu susu blenuten yang memang untuk anak yang beresiko gagal tumbuh, gizi kurang atau gizi buruk. Beberapa lama lalu, gw baru tahu kalau susu Blenuten ini punya 2 macam, keperluan medis & susu biasa pelengkap gizi anak. Gw pikir dia cuma ganti kemasan aja, salah ternyata gw. 

Susu ini diperuntukkan untuk anak 1-10 tahun iya bun..

Raka masih konsumsi ini sampai sekarang. Tapi aku selang seling sama susu dancow karena kalo susu ini doang, kantongku jebol mak. Pup-nya aman selama konsumsi susu Blenuten, malah bisa dibilang semakin baik.


susu blenuten ordesa nutrisi untuk anak kurang gizi, gagal tumbuh

kandungan gizi susu blenuten ordesa nutrisi untuk anak kurang gizi, gagal tumbuh


Harga susu Blenuten sekitar Rp 240.000 ke atas

Tempat Beli : Toko online, beberapa supermarket, rumah sakit dan apotik

6. Nutrinidrink

Susu Nutrinidrink ini masih satu perusahaan dengan infatrini. Perbedaannya hanya di peruntukkan usianya dan mungkin beberapa nutrisi di dalamnya. Gw beli susu ini untuk mempermudah gw ngasih Raka susu kalau lagi bepergian. Biasanya gw beli kemasan dia yang botol 200ml sekali minum. Setahu gw, ini susu kalorinya paling tinggi diantara saingannya yang lain. Kalori 1,5 Kkal/ml.


Susu nutrinidrink penambah berat badan untuk anak yang gagal tumbuh, kurang gizi atau kasus medical lainnya

Susu nutrinidrink penambah berat badan untuk anak yang gagal tumbuh, kurang gizi atau kasus medical lainnya


Susu Nutrinidrink diperuntukkan bagi anak 1-12 tahun.

Gw suka sih sama susu ini karena ada bentukkan cairnya gini. Gw nggak perlu siapin thermos air panas untuk nyeduh susunya dulu. Cuma gw kurang sreg karena nggak ada prebiotiknya aja, apa gw aja yang nggak paham sebutan lain prebiotik yang mungkin sebenarnya ada di susu ini. Dia ada MF6 yang merupakan serat pangan yang membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna. Nampaknya gw aja deh iya yang awam masalah beginian hahaha. Boleh kasih masukan ilmu mungkin yang pada paham.

Gw berharap NUTRICIA bisa ngeluarin produk dia yang lain peruntukan anak berkebutuhan khusus. Dia punya banyak varian kalau di luar negeri. Mungkin harganya nggak masuk kali iya kalau sampai di Indonesia.

Harga perbotol Susu Nutrinidrink itu Rp 25.000

Tempat beli : Toko online, Apotik dan Rumah Sakit.

...

Udah hampir semua susu penambah berat badan berkalori tinggi yang Raka cobain kayaknya hahaha. Semoga aja Raka bisa cepat lulus dari selang NGT iya guys. Jadi nanti bisa makan bakso sama mie ayam bareng ayah ibu 😅😅😅

INGET DAN CATAT! SUSU PENAMBAH BERAT BADAN TIDAK BOLEH DIKONSUMSI TANPA ADANYA RESEP DARI DOKTER!!
TAKARAN DIBERIKAN KE ANAK ITU HARUS DISESUAIKAN DENGAN ANJURAN DOKTER!! HANYA DOKTER YANG TAHU!


...








Comments

  1. Mba ... Anakku jg berkebutuhan khusus... Lg nyari susu juga nih. Makasih ya mba reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal...wah makasih banyak sudah mampir. Semoga terbantu iya mom. Sehat terus sama si kecil semoga semakin membaik tumbuh kembangnya

      Delete
  2. Raka kelainan otak knp ka kalo boleh tau... Kebetulan anak aku jg ada infeksi otak😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan virus mom. Dokter nggak nyari tahu penyebabnya begitu udah ketahuan diagnosisnya. Aku jg baru cek perkembangan dia pas di umur 3 apa 4 bulan gitu jdi dokter lebih menyarankan utk penegakkan diagnosis sama terapi aja daripada mikirin penyebabnya apa. Nah nanti klau memang aku sama suami mau pnya anak lagi, baru deh hrus bener” dicek ini itu dlu.

      Delete
  3. Thank u for sharing ya moms.. sehat2 trus buat kalian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak sudah mampir semoga dapet info iya

      Delete
  4. Mba maaf mau tny utk segi rasa antara pediasure, nutren junior dan blenuten lebih enak mana? Dan utk bab nya di raka lebih aman dan teratur pakai yg mana mam? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rasa, menurut aku better pediasure. nutren junior ada rasa khasnya. aku sebutnya ada rasa kayak besi hehehehe. Sedangkan blenuten, lebih manis dari pediasure menurut aku.
      Makasih sudah mampir ke blog

      Delete
  5. selamat pagi mom, makasih reviewnya ya. anak saya diadviskan dokter konsumsi susu tinggi kalori jg. mau tanya selama konsumsi susu tsb diatas kenaikan bbnya adek gmn mom? skrg grafiknya bagaimana? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo selamat siang. Makasih sudah mampir ke blogku.
      Kenaikan BB Raka alhamdulillah bagus banget begitu konsumsi susu tinggi kalori. Sekarang grafik raka udah jauh membaik. Sampai sekarang juga masih konsumsi susu tinggi kalori karena Raka masih pakai NGT.

      Delete
  6. Halo Mba, makasih udh berbagi. Anakku jg sama BB nggak ada kenaikan dari mulai 4 bulan sampai skrng 7 bulan. Mau tanya mba yg paling cepet naikin BB di Raka infatrini/Sgm/Pediasure?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh…cepet nggaknya relatif sih mbak. Raka pakai susu apapun progressnya sama sih kalau sesuai anjuran dokter.

      Yg bermasalah kalau ngasih susunya tanpa lewat selang NGT, makanya udah pakai susu booster BB tetep gak maksimal naiknya.

      Delete
  7. Terima kasih kak review nya
    Dulu anak aku juga disaranin nutrinidrink sama panenteral yang bubuk itu,tapi krn adanya rasa vanila aja akhirnya ke nutrinidrink cair dan setelah cocok, sekarang ngga ada produk itu😔
    blenuten ada rasa apa aja kak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. nutrinidrink masih ada kok mbak. cuma sekalinya langka, harganya bikin nangis. Blenuten cuma ada rasa vanilla sayangnya mbak. Agak susah iya cari susu kalori tinggi yang punya berbagai rasa tuh

      Delete
  8. Sama mb anak sya juga pake blenuten mix Dancow..

    ReplyDelete
  9. Terima kasih kak sharing-sharingnya.. mau tanya Raka pakai NGT di umur berapa? Sampai berapa lama pemasangannya? Rewel gak ya pas dipasang NGT? Saya juga sudah disarankan dokter-dokter menggunakan NGT, karena tidak mau minum susu samsek, small eater, dan grafiknya sudah menurun dan kurang, mohon doanya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raka pasang NGT dari umur 18 bulan mbak. Belum ada omongan dari dokter sih utk buka selang. Aku juga lihat Raka belum bisa tanpa NGT walaupun sekarang udah ada kemauan ikut makan kalau kita lagi makan. sedikit demi sedikit aku latih rajin makan supaya bsa full tanpa NGT.

      kalau rewel udah pasti rewel dan panik sih dia kelihatannya. Tapi nggak lama diem lagi kok.

      semangat iya mbak semoga sebentar aja iya pakai NGT nya.

      Delete
  10. Terimaskasih reviewnya sangat bermanfaat bun kebetulan lagi nyari susu tinggi kalori juga buat anakku,,,semangat ibuk" tangguh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa membantu. semangat terus mbaknyaaa

      Delete
  11. makasih reviewnya bun semoga raka cepat sembuh...semangat buk ibuk tangguh

    ReplyDelete
  12. haii mba yang tangguh, aku galau ini mau pindah dari blenuten.. secara kandungan gizi aku lihat dia yg cucok banget.. di kantong juga masih oke.. tapi rasa nya bagiku ga enak :( mau coba ganti nutren, rasanya gimana ya kalo dibandingin blenuten? kalo pedia complete mah pasti enak.. tapi kayak overhyped wkwk

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah jd tau byk macam minuman penambah kalori utk bayi. Bayi aq juga seret bgt BB nya. Smpi stres mikir perlu dikasih apa lg ya. Pd hal makannya jg lumayan mau lah. Lg nyoba infatrini liquid, smoga ada perubahan signifikan di BB nya

    ReplyDelete
  14. Bun.. Kalo boleh tau.. Takaran buatnya sesuai dikaleng atau beda ya pas pake nutren junior? Soalnya anakq oake media su re complete gak cocok.. Karna bab nya lembek dan berwarna coklat kehitaman

    ReplyDelete
  15. Wah yg di blok ini sama persis kyk yg dokter anak aku rekomendasiin. Sebelumnya anakku pakek blenuten, naiknya 5k, sama nutren junior selisih 10k lebih mahal blenuten. Niatnya mau ganti ke nutren junior, kl dr kandungan bagus mana sih bun? Mending ngalahi beli blenutren yg lebih mahal 10k apa beli nutren junior bun?

    ReplyDelete
  16. trimakasih review nya ba. salam kenal ayah nya arsyad dr bekasi bantar gebang yg mempunyai anak berkebutuhan husus ( serebal palsy)

    ReplyDelete
  17. aryad alkusaeri....trimakasih atas review nya...sy kg sama punya naka sekarang udh 7 thn blm bisa apa haya kaku tiduran nangis...udah gunta ganti susu blm ad yg cocok..

    ReplyDelete
  18. Usia Raka saat ini berapa mba dan banyaknya yg harus dihabiskan brpa ml ? Boleh share mba berapa takaran penyajiannya
    Tks

    ReplyDelete
  19. Mbk, mau tanya. Utk periode konsumsi susunya brp lama mbk ? 1bulan gnti atau brp lama?

    ReplyDelete
  20. Halo ka, anakku kmrn nyoba chil mil P-HP dan berujung harus dicampur karena rasanya tidak semanis chil mil platinum biasa. Apakah nutren jr rasanya kaya gt ya karna mengandung whey jg. DSA ku saran setaun ganti pediasure atau nutren tp dia prefer nutren krn anak tetap mau makan dibanding pediasure yang udh bikin kenyang duluan. Galau krn udh mau setaun harus dikejar pake susu tinggi kalori

    ReplyDelete
  21. Hai mbak. Makasih sharingnya. Mbak, ciri2 anak yg butuh NGT gimana ya? Soalnya anak ku jg small eater, dan BB nya jg mulai di bawah grafik normal.

    ReplyDelete
  22. Halo mom sblmnya terimakasih dan seneng banget bs nemu review susu tinggi kalori.anakku jg seret bb nya dpt saran dr dokter pake nurtren junior (alhmdulillah anak suka dan bb naik dkit) tp skrg pengen coba ke belnuten tp bingung untuk takarannya gmn yah mom?
    Klo untuk raka sndiri sehari brp kali minum mom dan bep takar?terimakasih smoga ade raka slalu sehat.amin

    ReplyDelete
  23. Mba, gimana caranya mix dancow dan blenuten. Anak Aku alumni infatrini nutricia, skrng setahun. Mau cati lanjutannya karna masih di sarankan, susah sekali cari nutrinidrink.

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *