Hi, Nice to meet you!

A Lucky and Proud Mom of "RAKA PUTRA BUMI" (GDD & agenesis corpus callosum diagnose) | Freelance as Fashion Stylist | Cappucino Lover | I am a Cancer sign
YUNITA

What Read Next

[ TIPS ] : Pertimbangan Memilih Stroller Untuk Special Needs Ala Gw

tips memilih stroller, stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz, rekomendasi stroller

Stroller udah jadi barang prioritas yang sebisa mungkin ada, ketika sudah mempunyai bayi. Kenapa begitu? Karena barang ini memudahkan kita membawa bayi kita saat bepergian ke luar rumah. Capek juga say kalau sepanjang perjalanan kudu gendong kan. Apalagi saat waktunya anak kita makan, stroller juga saat berguna bukan?
Stroller yang Raka gunakan adalah merk GB (Good Baby) Qbit keluaran lama. Alhamdulillah waktu itu nggak perlu mengeluarkan biaya sendiri karena stroller ini hadiah dari temen kantor GB. Jadi ketika ditanya mau hadiah apa, GB langsung minta dibelikan stroller aja hahahaha. Agak ngelunjak yee permintaannya. Tapi stroller ini asli berguna sampai sekarang walaupun nampaknya sudah harus pensiun ini stroller dan ganti yang lebih besar dan kuat. Raka beratnya udah 19 kg sekarang. Sedangkan stroller GB Qbit ini berat maksimalnya 17 kg, setahu gw. Sekarang sih merk ini udah ada stroller GB Qbit plus yang bisa sampai 22 atau 25 kg gitu, lupa gw. Kurang bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama kalau gw upgrade ke jenis itu. Dalam hati sih, masih berharap dan berusaha positive thinking Raka bisa segera jalan sendiri dan nggak perlu pakai stroller atau kursi roda. Tapi, sekarang kenyataannya Raka masih butuh stroller. Sebenarnya yang paling gampang iya ganti ke kursi roda aja yang maksimal beratnya bisa mencapai 75 kg. Hanya aja gw dan GB berusaha menyugesti pikiran kita, Raka nanti bisa jalan kok, nggak perlu kursi roda cuma butuh stroller aja sementara. hehehe. Bismillah aja bisa terwujud, yang penting kita berusaha semaksimal mungkin untuk mengejar perkembangan Raka.

Gw mau kasih beberapa pertimbangan untuk memilih stroller terutama untuk anak special needs. Ini pertimbangan pribadi dari gw iya. Mungkin dari kalian punya pertimbangan lain. Siapa tahu bisa menambah info untuk kalian.


Tips Memilih Stroller Untuk Special Needs:


tips memilih stroller, stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz, rekomendasi stroller


Tips pertama.

Ini salah satu pertimbangan awal gw dan GB waktu milih stroller. Why? Agak sayang aja kalau kita salah memilih stroller yang hanya bisa digunakan tidak sampai umur anak 1 tahun. Ada loh ternyata stroller yang nggak bisa dipakai sampai umur 1 tahun lebih. Makanya jangan sampai kalian salah pilih terutama untuk mommy yang punya anak berkebutuhan khusus. Kita bersugesti mereka akan pesat perkembangannya, tapi kita juga wajib prepare sama kemungkinan yang tidak bisa kita prediksi. Jadi jatuhnya kita berhemat karena punya stroller yang bisa digunakan jangka panjang. Makanya keputusan kita kemarin memilih GB Qbit tuh lumayan tepat. Bisa digunakan sampai hampir umur 5 tahun. Yang salah adalah gw sama Gb nggak prepare biaya lagi buat stroller baru hahaha 😂😂😂 puyeng kan jadinya sekarang. Next maunya pilih stroller yang sampai 40 kg kalau bisa berat maksimalnya.

Beberapa bulan yang lalu, gw udah mulai cari stroller walaupun budget masih gw usahakan ada 😅😅. Gw ketemu stroller yang beban maksimalnya mencapai 50 kg dan produk ini, baru aja launching. Namanya Stroller Xero. Stroller Xero merupakan produk asal Korea yang desain dan teknologinya diadopsi dari Jerman katanya. Gw lumayan tertarik sama stroller ini. Cuma masih cari beberapa opsional lain. Macem duitnya banyak aja lu, taa! 😂😂😂

tips memilih stroller, stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz, rekomendasi stroller
Source: Sangbuahhati.com


Tips Kedua,

Mudah dibawa dan dilipat pun penting banget deh asli. Sayangnya, dari awal pencarian stroller yang beban maksimalnya lebih dari 30 kg tuh kelihatannya besar banget. Rempong kalau lagi travelling bawa-bawa stroller berat kan. Makanya pas lihat stroller Xero langsung amaze sekaligus khawatir juga. Kok bisa ringan tapi mampu handle beban sampai 50 kg. 

Tips ini perlu disesuaikan sama keadaan kalian yang mungkin nggak punya mobil, berarti harus pilih stroller yang kalaupun bentuknya besar, paling nggak bobot strollernya ringan. Jadi bisa dibawa pakai motor menggunakan tas gemblok atau diselipin di bagian depan motor. Tapi nggak semua motor bisa bawa stroller sih, vario atau lexi sepengalaman gw bisa taruh stroller di bawah orang yang nyetir motor. Stroller GB Qbit punya Raka, walaupun lumayan besar tapi bisa diakalin kemarin, supaya bisa dibawa pakai motor. Ditambah lagi, cara melipatnya gampang. Selama gw bolak-balik RS untuk penegakkan diagnosis Raka dulu, gw beberapa kali jalan berdua aja sama Raka ke RS pakai mobil transportasi online. Alhamdulillah nggak begitu kerepotan untuk membuka stroller.

Tiap merk stroller juga punya kelebihan masing-masing di ranah lipat melipat ini. Ada yang udah bisa auto fold seperti Hamilton, Cocolatte, Easywalker, Xero dan beberapa merk lainnya. Kalau stroller yang biasa disebut pockit, dilipat secara manual tapi bisa jadi kecil banget dan tergolong sangat praktis. Hanya beban maksimalnya sekitar 22kg.

tips memilih stroller, stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz, rekomendasi stroller

Stroller yang bisa masuk kabin pesawat juga jadi pilihan banyak orang sekarang. Tipikal stroller cabin size sudah pasti kecil dan ringan. Pertimbangan yang harus diperhatikan untuk kalian yang hobi travelling. Semoga aja semakin banyak inovasi stroller cabin size yang bisa handle berat maksmal 40 kg ke atas 😅😅😅. Berdoa aja dulu.


Tips ketiga,

Selain dua tips di atas, biasanya fitur-fitur stroller juga jadi pertimbangan kita dalam memilih. Fitur disini bisa dari :
  1. Posisi duduk anak yang dapat dirubah menjadi tiduran atau sekedar posisi reclining
  2. Handle stroller yang bisa dirubah agar nyaman dipegang oleh si ibu atau pun ayah.
  3. Handbreak dan Wheel lock-nya supaya ketika kita lagi berhenti, stroller nggak takut tahu-tahu jalan sendiri.
  4. Bentuk seatbelt-nya bagaimana. Mau 5 point safety harness atau pun seatbelt biasa seperti di mobil.
  5. Seberapa besar dan kuat keranjang yang ada di bawah stroller.
  6. Kanopi stroller bisa benar-benar melindungi anak dari sinar UV atau tidak. Ada window untuk melihat keadaan anak atau tidak.
  7. Manuver rodanya bagaimana.
  8. Aksesoris tambahan untuk stroller.
Fitur ini pun tiap stroller punya kelebihan masing-masing. Untuk Raka yang notabene-nya special needs, nomor 1 yang paling diperlukan adalah posisi duduk yang bisa reclining dan seatbelt-nya. Raka belum nyaman duduk tegak lama-lama jadi meskipun nggak bisa tiduran, at least dia bisa duduk bersandar dengan nyaman di stroller. Manuver roda sama wheel lock juga penting banget sebenarnya untuk keamanan dan kenyamanan kita yang mendorong stroller. 

Tips keempat,

Stroller paling enak kalau bisa kita pretelin dan bersihkan sendiri. Tak perlu repot harus ke laundry. Bersihkan stroller di laundry lumayan ngeluarin duit. Stroller GB Qbit Raka itu juga gampang banget dibersihkan. Tinggal dipretelin satu persatu terus disikat lembut aja menggunakan air dan detergen terus jemur deh. Warna stroller Raka hitam, sampai sekarang warnanya masih bagus alhamdulillah, walaupun sudah beberapa kali dicuci. Gw semprotin alkohol juga biasanya setelah di cuci kering.

Tips kelima,

Tips kelima ini harusnya sih pertimbangan awal milih stroller iya 😂😂😂 Cuma seringnya, kita sebagai orang tua selalu usahakan anak dapat yang terbaik walaupun harus naikin budget lagi hehehe. Luckily, sudah banyak banget stroller yang dibawah 2 juta dengan fitur-fitur yang oke punya. Lagi-lagi ini pengecualian untuk stroller yang bisa handle berat sampai 40 kg. kebanyakan hampir 4 juta ke atas. Diakalinnya iya dengan membeli stroller bekas.

...

Gw ada beberapa pilihan rekomendasi stroller yang bisa dipakai Raka. Udah incer dari lama tapi belum siap budgetnya aja. Bismillah bisa terwujud dekat-dekat ini untuk beli stroller pengganti GB Qbit. Di negara lain, lebih banyak pilihan stroller untuk anak-anak special needs dan biasanya ada potongan harga dari pemerintah. Ini nggak cuma untuk stroller aja. Gw sempat lihat sampai blender pun dikasih potongan harga, jika mau digunakan untuk anak special needs. Agak disayangkan di Indonesia, pemerintahnya belum bisa kasih program seperti di luar negeri untuk anak special needs.

Ini stroller yang gw taksir dan berharap banget bisa upgrade ke salah satu dari merk ini,

Baby Jogger Mini GT

stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz, rekomendasi stroller

Stroller ini bisa handle berat anak sampai 30 kg doang. Kebanyakan teman online Raka di instagram yang special needs menggunakan stroller Baby jogger mini GT, termasuk anaknya ka Namiramonda. Mereka terlihat nyaman pakai stroller ini, makanya Baby jogger jadi pencarian awal gw. Rodanya 3 tapi lumayan besar jadi terlihat kuat. Gw beberapa kali nonton review tentang stroller ini di youtube. Besar juga strollernya tapi iya pasti kuat dan Baby Jogger salah satu merk bagus di luar negeri. Yang gw suka dari stroller Baby jogger, kanopinya bisa dilepas. Kepala Raka jadi nggak keganjel ketika sandaran di stroller. Baby jogger udah mengeluarkan mini GT 2. Masalahnya harga mini GT 2 luar biasa bombastis. Sekitar 10 juta ke atas. Entah di Indonesia udah ada apa belum. Nampaknya better cari bekas aja 😅😅 Baby Jogger ada juga yang versi sport-nya. Roda lebih besar dan manuver-nya jauh lebih bagus dari mini GT 2. Beban maksimalnya sampai 35 kg. Kalian bisa bayangkan sendiri iya harganya berapa. Pasti jauh lebih mahal sodara-sodara.

stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz
Baby Jogger Summit X3 Jogging Stroller


Keenz Wagon Stroller

stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz

Sempet kepikiran apa beli keenz wagon aja iya. Raka bisa duduk sama tiduran kalau pakai ini. Eh sekarang Raka makin tinggi, gw rasa kalau pakai ini pun kakinya nekuk 😂😂 Ini stroller besar banget tapinya. Macem bawa keranjang kalau ke mall atau jalan-jalan. Saking besarnya bisa beralih fungsi jadi keranjang belanjaan waktu ke supermarket. Keenz wagon biasanya digunakan keluarga di luar negeri untuk membawa beberapa anak. Ada yang kapasitasnya untuk 2 anak dan 4 anak. Manuver rodanya juga oke menurut review. Ada penutup kanopi yang bisa lindungi anak dari nyamuk dan juga hujan. Bisa jalan di pasir pantai pula. Kece banget sih. Kekurangannya sudah pasti ukurannya yang besar dan lumayan rempong saat ngerakitnya 😑😑 Harganya di Indonesia hampir 5 juta. Mahal YA ALLAH....


Keenz Air Plus

stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz


Keluaran keenz juga neh dan di spesifikasinya menjelaskan, stroller ini bisa menahan berat anak sampai 30 kg plus berat keranjang 20 kg. Jadi total berat yang bisa stroller ini tahan kurang lebih 50 kg. Hebat juga sih bisa meng-klaim seperti itu. Stroller ini cabin size dan mudah dilipat. Udah gitu dapat tas jinjing-nya juga. Mantap!! Bentuknya sih oke iya. Kepala Raka keganjel kanopi nggak iya kalau pilih stroller yang ini? 😅😅 Bocahnya tinggi banget asli. Anak 5 tahun rasa 7 tahun 😑😑 Harga stroller Keenz air plus ini agak waraslah iya sekitar 3,5 juta.


Oyster Zero

stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz
Ka Namiramonda sekarang pakai stroller ini untuk Aurora. Cuma gw lupa jenis yang mana. Kemungkinan sih yang baru kayaknya. Stroller Oyster zero yang lama bisa nahan berat 30kg juga sama seperti yang baru, oyster zero 3. Dua-duanya punya desain bentuk yang oke dan keren. Oyster Zero 3 lebih unggul menurut gw, karena bisa di switch posisi handle bar-nya ke arah yang mendorong stroller. Oleh karena beberapa keunggulan yang dia miliki, sudah pasti harganya jauh lebih mahal guys. Oyster zero 3 dibandrol harga 10 juta lebih 😭😭😭 sedangkan Oyster Zero sekitar harga 4,7 juta ke atas. Jauh juga iya perbandingan harganya.


Xero

tips memilih stroller, stroller cabin size, stroller besar, stroller GB, stroller Xero, stroller sampai 40 kg, stroller yang bisa dibawa pakai motor, stroller mothercare, harga stroller oyster zero, stroller keenz
Stroller Xero lumayan menarik di mata gw saat ini. Fitur-fiturnya bagus. Gw kurang sreg dibentukan rodanya aja. Agak kurang yakin gitu, sama roda stroller yang kecil seperti ini untuk bisa nahan berat yang lumayan besar. Keenz air plus pun punya roda yang kecil seperti stroller Xero ini. Nampaknya cuma ketakutan gw aja deh. Produk stroller nggak mungkin bisa masuk ke pasaran kalau belum diuji coba dulu pastinya. Stroller Xero punya tempat duduk lumayan luas, jadi anak nggak berasa sempit waktu duduk di stroller. Sebelumnya udah gw jelasin kalau stroller ini bisa nahan berat sampai 50 kg. That's why stroller Xero sangat menarik hati gw. Dibandingkan dengan stroller lain, Harga stroller xero kurang lebih sama dengan Keenz air plus. harganya berkisar 3,5 juta sudah termasuk mosquito net, rain cover, bumper bar, stroller bag, small pouch dan cup holder. Lumayan banyak bonusnya hahaha. Biasanya aksesoris ini dijual terpisah di beberapa merk.


...

Sampai detik ini masih mempertimbangkan banyak hal terutama budget untuk upgrade stroller baru atau iya udahlah beli kursi roda aja. Masih bingung banget. Tujuan utama upgrade supaya Raka bisa jalan-jalan sekitaran komplek sama gw dan juga mempermudah bawa dia waktu jalan-jalan ke taman atau pun mall. Kasihan juga misalnya Raka di rumah terus. Pastinya bosan dia. Kita aja sering ngeluh bosan.

Saran gw, misalnya kalian sudah yakin mau memilih stroller yang dibeli, coba cek dahulu ke tempat penyewaan barang-barang bayi & anak. Siapa tahu, stroller pilihan kalian ada. Jadi sebelum beli kalian bisa coba sewa supaya makin yakin kalau stroller pilihan kalian adalah yang terbaik. 
Dan...Jika stroller yang kalian pilih harga barunya lumayan tinggi, kalian bisa cari opsi stroller bekasnya aja. Nanti sebelum dipakai bisa dicuci dahulu supaya nggak khawatir mempengaruhi kesehatan anak. Benar nggak saran gw?


See you next post...









Comments

  1. Wah cakep2 banget sih strollernya 🤩 dulu waktu anak2 masih bayi saya malah gak pakek stroller. Lihat ini jadi tertarik

    ReplyDelete
  2. Ohh.. baru tau namanya stroller, kirain baby roller 😂

    Tips ini menarik, jadi kita punya referensi tambahan bagi keluarga baru yg punya bayi kecil & memudahkan ibunya utk merawatnya . Hehee

    ReplyDelete
  3. Dari segi fitur mahh emang stroller impian banget, tapi sayang harganya masih diluar jangkauan. Ditunggu deh review stroller yang harga nya dibawah 2 jutaan. hehehe

    ReplyDelete
  4. Ternyata stroller juga banyak jenisnya yaa dan harganya bervariasi. Jadi tau tipsnya buat memilih stroler kalau sudah punya anak nanti. Makasih kak udah sharing

    ReplyDelete
  5. Pas banget ni infonya, adik saya baru ngelahirin anak pertamanya, bakalan butuh sroler nanti. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  6. Mungkin menyewa stroller untuk anak bisa jadi pilihan yang tepat bagi ibu-ibu yang punya pertimbangan lebih soal budget. Kan strollernya bisa dikembalikan kalau tidak dipakai lagi daripada memenuhi gudang rumah.

    ReplyDelete
  7. Aku baru tahu bahwa ada stroller model Keenz Wagon Stroller.
    Rasanya kalau punya bayi kembar, pasti bisa masuk keduanya, begitukah?

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *