Hi, Nice to meet you!

A Lucky and Proud Mom of "RAKA PUTRA BUMI" (GDD & agenesis corpus callosum diagnose) | Freelance as Fashion Stylist | Cappucino Lover | I am a Cancer sign
YUNITA

What Read Next

Kulit Gw Ternyata Se-Sensitif itu. Break Out Terparah Di Hidup Gw!!

apa itu kulit sensitif dan bagaimana merawat kulit sensitif juga pemilihan skincare untuk kulit sensitif

Di awal bulan Februari, dibikin shock sama keadaan kulit gw yang tahu-tahu break out. Bagi gw, ini udah masuk break out terparah di hidup gw. Mata gw aja sampai ikut membengkak. Pokoknya satu paket yang mengerikan-lah awal bulan Februari tuh.

Perasaan aneh sama kulit gw berawal dari ruam yang muncul di mata. Rasanya gatal banget, bener-bener gatal kayak waktu alergi gw muncul. Gw berusaha nahan untuk nggak ngegaruk atau nyentuh mata. Makin malam, gw makin penasaran...mata gw tuh kenapa sih?! Begitu gw lihat kelopak mata gw, kok kayaknya ada ruam kecil iya. Salah gw dimana ini, masa tiba-tiba ada ruam di kelopak mata gw. Bukan cuma di satu kelopak mata iya, di keduanya asal tahu aja guys! MAU NANGIS BANGET GW DETIK ITU JUGA. Gw mencoba tenang malam itu dan mikir keras. Ini gw kudu konsultasi ke dokter mata apa dokter kulit sih iya. Waktu kosultasinya kapan coba, Raka nggak ada yang jaga begini. Gw tidur nggak nyenyak perkara penyakit begini. Besoknya, begitu bangun tidur, MATA GW BENGKAK!! 😭😭😭 Gw berkali-kali ngaca, ini mata kok bisa bengkak. Apa gw salah makan, tapi gw nggak makan aneh-aneh kemarin. Apa karena abis olahraga gw gak nunggu lama sampai keringat hilang makanya jadi ruam? Hah...STRESS!!

Penyakit gw memang lebih banyak didominasi sama permasalahan kulit. Adaaaaaa aja asli deh. Perkara air di Bogor yang dingin aja, muncul ruam waktu itu. Kulit gw bisa tahu-tahu muncul alergi, padahal sebelumnya nggak ada masalah sama makanan itu. Pernah alergi udang, setelah sembuh gw coba makan udang lagi tuh. Eh...nggak masalah dong. Paling gw takutkan kalau udah sakit kulit itu adalah BIAYA PENYEMBUHANNYA!!! 😭😭😭 Mahal banget yang udah-udah. Gw juga pernah sampai disuntik pantat gw zaman SMA (HAHAHAHA!!), karena hobi banget pakai boxer laki-laki. Alhasil selangkangan lembab dan ruam. 

Back to topic...

Gw akhirnya memutuskan konsultasi ke dokter spesialis mata via HALODOC. Thank you banget sama aplikasi ini. Bukan kali pertama, gw menggunakan ini aplikasi kalau lagi kepepet nggak bisa ke rumah sakit. Alhamdulillah selalu puas konsultasi sama dokter spesialis yang ada di HALODOC. Waktu konsultasi, gw kirim foto kelopak mata gw dan berusaha menggambarkan rasa gatal di kelopak mata. Setelah konsultasi, gw dikasih resep obat yang untungnya masih terjangkau di dompet gw. Ada salep mata, obat minum dan obat tetes mata. Gw pikir setelah konsultasi bakal tenang hidup gw, TERNYATA TIDAK SODARA-SODARA...Kelopak mata sudah aman, besok paginya kulit gw tahu-tahu break out. Muncul merah-merah iritasi dan rasanya gremet-gremet gatal persis yang gw rasaian di kelopak mata gw sebelumnya. Kayaknya nggak tiba-tiba sih ini break out, mungkin kalau bisa ngomong, kulit gw udah teriak dari lama kalau dia butuh pertolongan. Hanya gw aja yang selama ini nggak peka sama tanda-tanda yang udah muncul.

AGAIN...malam atau pagi gw sibuk ngaca mantau kulit gw. Merah-merah di muka gw itu paling parah setelah gw apply skincare yang biasa gw pake. Masa iya, gw break out karena skincare yang udah 1 tahun gw pakai. Maksud gw, ini udah sering banget kejadian di gw. Waktu pakai Garnier bertahun-tahun dari SMP apa SMA, tahu-tahu break out juga. Pernah coba essence-nya Safi yang waktu itu udah hampir 1 tahun gw pakai, tahu-tahu juga bikin kulit gw bruntusan dan sering muncul merah-merah di muka. Nah, masa iya L'oreal juga bisa bkin break out after all this time?? Masalahnya dimana coba!!! Gw udah cinta banget sama rangkaian  L'OREAL Aura Perfect Clinical ini, karena berjasa bikin kulit gw glowing shinning shimmering splendid hahaha. Iya kali gw kudu cari skincare baru lagi YA ALLAH!! Patah hati lagi gw sama skincare.


kulit sensitif, kemerahan, beruntusan, ruam kelopak mata, kelopak mata bengkak, menggunakan skincare yang beralkohol dan ada parfum


Gw memutuskan untuk sekali lagi konsultasi via HALODOC tapi dengan dokter spesialis kulit. Gw udah puyeng banget sama keadaan kulit gw saat itu. Gw cerita panjang kali lebar tentang keadaan kulit gw dan nggak lupa gw kirim foto waktu kulit gw sedang kemerahan. Gw juga bilang, kalau kelopak mata gw sempet bengkak dan ruam. Katanya kemungkinan itu ruam dermatitis. Gw disarankan pake produk yang khusus kulit sensitif. Dokternya sempet anjurin gw untuk pakai skincare LABORÉ Merek ini asing banget di kuping gw, skincare dari mana neh. Biasanya dokter ngasih sarannya kalau nggak Sebamed iya Cetaphil, right? Gw iyain aja saat itu. Dia kasih gw resep obat cuma satu dan ternyata mirip kandungannya sama resep obat dari dokter kulit yang dulu pernah gw datangin tapi sekarang sudah meninggal. Gw tunjukin resep-nya. Dia bilang boleh pakai resep dokter itu asal tidak lebih dari 3 bulan usia salepnya dari beli. Berhubung itu salep baru gw minta lagi, jadi gw pake yang ada aja dulu. Ok, alhamdulillah urusan kulit aman. Dokternya bilang, kalau tidak membaik, gw harus konsultasi langsung sama dokter spesialis kulit.

Kelopak mata gw membaik setelah 2 hari alhamdulillah. Kulit gw pun mendingan, sudah nggak merah-merah parah setelah dioles salep dari dokter. Gw pakai vaseline Petroleum Jelly untuk krim pagi-nya sementara dan malam hari, gw pakai salep dokter. 


Source: Google.com


Gw sempet bandel pakai rangkaian L'OREAL lagi tapi cuma krim malam nya aja. Masih nggak percaya, gw break out karena skincare kecintaan gw selama ini. And then, berakhir muncul kemerahan lagi di kulit HAHAHAHAHA. Batu banget gw asli 😖😖😖 Begitu muncul lagi, baru bener-bener percaya kalau memang sudah tak cocok lagi sama L'OREAL. Inget rekomendasi dokter, gw dengan mantap membeli  LABORÉ yang kemasan kecil untuk percobaan dulu. Gw kasih tahu tampilannya LABORÉ neh. Untuk toner dan skin nutrition gel-nya nggak ada kemasan kecilnya, jadi gw beli yang besar aja sekalian.

LABORÉ skincare untuk kulit sensitif

Alhamdulillah sampai detik ini aman pake LABORÉ dan terlihat cocok di kulit gw. Mungkin akan gw pakai terus sampai gw menemukan skincare ajaib baru. Gw lagi tertarik sama Avoskin sih. Melihat review banyak orang yang bagus dan cocok sama si Avoskin ini. 

Oh,iya beberapa hari yang lalu gw kayak ketampar sama postingan dr. Listya Paramita, Sp, KK (@drmita.spkk) . Please cek instagram-nya yang penuh dengan ilmu. Ini gw screenshot dari IG dokter Mita. Sebenernya feed ini dia bikin untuk kolaborasi sama Somethic. Berhubung gw mau ngasih  tahu pembahasan tentang kulit sensitifnya aja, alhasil gw crop screenshoot-nya. Semoga ke baca iya.


apa itu kulit sensitif dan bagaimana merawat kulit sensitif juga pemilihan skincare untuk kulit sensitif
source : instagram @drmita.spkk

apa itu kulit sensitif dan bagaimana merawat kulit sensitif juga pemilihan skincare untuk kulit sensitif
source : instagram @drmita.spkk

Udah jelas bgt, kulit gw sensitif. Gw paham dari lama tapi kayak...apa sih, masa iya sesensitif itu, nggaklah kulit gw mah badak. PLAK! Enak gak tuh sekarang tertampar sendiri. Hahahaha. sungguhlah gw tuh emang sebatu itu. Setelah baca ini, gw mulai cari produk skincare yang kandungan aktifnya sesuai dengan yang dokter Mita jabarkan di atas. Sampai sini, gw paham skincare macam apa yang harus gw apply di wajah gw nantinya. Cumaaa....hal yang bikin kulit gw break out kemarin tuh apa? Kan nggak mungkin ujuk-ujuk break out setelah segitu lama gw pakai. Pasti ada kandungan yang kemungkinan men-trigger kulit gw untuk mulai protes. Disitu yang gw belum tahu waktu itu.

Sekarang gw mulai paham, gw baca sana sini tentang kulit sensitif demi mencari tahu kemauan kulit gw itu APA! Dia nggak cocok sama apa?! Gw cuma menyimpulkan sendiri sih ini, cuma entah kenapa yakin kalau kulit gw gak cocok pakai skincare yang banyak mengandung alkohol dan fragrance (parfum). Waktu nyari seluk beluk kulit sensitif, gw menemukan incidecoder . Gw lupa nemu di artikel siapa. Di web ini, kalian bisa cek ingredients skincare yang kalian gunakan dan juga mereka menjabarkan manfaat dari ingredients yang ada dalam produk skincare. Tapi, gw nggak tahu data mereka lengkap apa nggak. Kalian cek sendiri aja iya. Gw searching produk-produk skincare yang pernah gw pakai dan berakhir bikin kulit gw bruntusan atau merah-merah. TERNYATA!!!! Mereka mengandung alkohol dan fragrance zheyeng!! FIX INI MAH! (sotoy markotoy banget gw)
 
Gw juga ngecek LABORÉ, hasilnya thank GOD aman untuk kulit sensitif gw. Gw nggak lagi review LABORÉ ini iya hahaha. Gw mungkin akan review kalau memang udah beberapa bulan pemakaian dan masih cocok. Gw mau berterimakasih banget sama LABORÉ , udah jadi penyelamat kulit gw yang butuh diperbaiki skin barrier-nya. Semoga aja cocok sampai seterusnya iya. Gw tinggal cari tambahannya skincare lainnya aja nanti. Sekarang fokus untuk memperbaiki skin barrier dulu aja sampai aman ditambah skincare lain. Pola hidup gw pun harus banyak yang diperbaiki supaya kulit makin bagus. Stress pun ternyat mempengaruhi keadaan kulit kita 😭😭😭 PR-nya banyak ternyata...


See you on the next story...


...

yunitasinthadewi.com




Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *