Hi, Nice to meet you!

A Lucky and Proud Mom of "RAKA PUTRA BUMI" (GDD & agenesis corpus callosum diagnose) | Freelance as Fashion Stylist | Cappucino Lover | I am a Cancer sign
YUNITA

What Read Next

Apa Sih Selang NGT?


Ternyata masih banyak yang nggak tahu menahu tentang NGT yang dipasang ke Raka. Saya mau menjelaskan sedikit disini sesuai pengetahuan yang saya punya aja. Jangan ngilu jangan takut iya. Nggak seseram itu kok, kalo ribet, lumayanlah...pas pemeliharaannya 😅😅😅 hahaha.

"Apa sih NGT itu maa?"

Jadi...

NGT itu alat yang dipasang untuk memasukkan nutrisi berupa cairan (kalau nggak cair, mampet yang ada) dengan selang plastik atau silicone melalui hidung sampai lambung. Selang NGT ini dipasang sesuai kesulitan yang pasien derita. Salah satunya kondisi Raka yang membutuhkan tambahan nutrisi dari susu untuk menaikkan berat badannya ke kurva yang sewajarnya anak seumuran dia. Ditambah lagi Raka ini GDD (Global Delay Development), jadi kemampuan mulutnya belum sebagus anak seumurannya dan masih banyak juga faktor lainnya.

Source : https://medlineplus.gov/ency/imagepages/19845.htm


Ada 2 jenis selang NGT yang saya tahu, Plastik dan silicone. Pertama kali dianjurin pakai, Raka dipasangin NGT yang plastik dan harus diganti seminggu sekali. NGT plastik ini bentukannya kaku banget dan agak keras selangnya. Iya namanya juga plastik khan. Raka juga kelihatannya nggak nyaman pakai ini tapi ada beberapa anak yang mungkin lebih nyaman pakai ini. Nah sekarang, Raka pakainya NGT silicone. Bentukan selangnya lebih lentur kalau ini. Alhamdulillah Raka cocok, ibu juga cocok hehehe.

Selain bahannya yang berbeda, ukuran NGT juga banyak macamnya. Ada yang 6 Fr, 10 Fr, 12 Fr sampai yang terbesar itu setahu aku 18 Fr. Raka kebetulan dari awal anjuran dokter, disuruhnya ukuran 10 Fr dengan panjang 100. Cuma dokter iya yang bisa menentukan ukurannya, makanya tidak sembarangan pakai. CATET!


Pemeliharaan NGT tuh awalnya susah banget, deg-degan banget. Saya sampai browsing dan tanya sana sini 😅😅😅 blog gacoan saya waktu Raka awal pakai NGT itu blog punya ka Namiramonda. Lagi-lagi hidup gw terselamatkan lewat blog orang. Oh iya, saya juga nanya panjang kali lebar ke mama temen terapi Raka di Pasar Rebo. Thank you banget Mama Rafa udah menjawab semua pertanyaanku 😘


Ok, Back to topic iya...
Kenapa aku bilang susah diawal, karena banyak hal yang harus banget diperhatikan ketika selang NGT digunakan ataupun sedang dipasang. Contoh :
  1. Setiap Mau memasukkan cairan ke selang NGT, posisi kepala anak harus lebih tinggi dari badannya dengan cara ditaruh di atas bantal dengan posisi nyaman dia. jangan terlalu rendah atau tinggi.
  2. Karena saya nggak sanggup sewa maupun beli syringe pump dan ALHAMDULILLAH YA ALLAH...dari awal dianjurkan pake selang NGT, memang gak disuruh...Jadilah saya harus megangin itu syringe selama susu lagi dialirin ke lambungnya Raka. Ini juga tricky banget, megangnya nggak boleh ketinggian atau pun kerendahan. Kalau ketinggian, aliran susu bakal lebih cepat ke lambung anak, kalau lambung anak nggak sanggup, akan muntah ambyar seambyar-ambyarnya itu susu yang berharga. kalau terlalu rendah, malah cairan lambung yang nanti ngalir keluar selang.
  3. Ketika memasukkan cairan ke syringe, jangan sampai ada udara karena bisa bikin anak kembung, batuk lalu muntah 😑😑 jadi sebelum cairan dimasukkan ke syringe yang udah disambungkan ke selang, selangnya dibekokkan dulu supaya udara gak ikut masuk. ketika udah mau selesai juga sama caranya.
  4. Tutup selang jangan sampai terbuka.
  5. Selang dijaga banget jangan sampai gak kepantau tahu-tahu udah copot ditarik si anak kan 😑😑😑 atau ketarik karena tape kendor.
  6. Makanan yang masuk ke selang harus cair. Kalau nggak iya mampet. Selama ini Raka susu sih yang sering masuk. Sempet pisang tapi kayaknya saya kurang encer jadi mampet. Udah panik waktu itu hahaha bodoh banget asli. Tapi masih bisa masuk akhirnya. Habis itu saya kapok 😂😂😂
Masih banyak hal-hal lainnya yang wajib diperhatikan pokoknya. Saya juga gak instan langsung pinter ngurus selang NGT Raka. Hal-hal diatas itu bisa saya tahu dengan learning by doing 😅 dibumbui dengan kepanikan hahahaha.

"Raka pasang NGT sama dokter?"

Diawal sampai beberapa bulan setelahnya, iya sama dokter. Waktu itu karena posisi saya sudah pindah lumayan jauh dari Jakarta Timur Ke Bekasi, akhirnya saya memutuskan untuk pasang selang di dokter umum langganan saya di dekat rumah yang kebetulan bersedia memasangkan selang untuk Raka. Tapi setelah beberapa bulan, saya sempat nanya ke dia apa memang boleh kita belajar pasang selang sendiri. Dia jawab boleh sebenernya asal tahu triknya. Dia kasih tau caranya dan ciri-cirinya kalau selang bukan masuk ke lambung. Saya waktu itu iya-iya aja pas diajarkan dan masih belum berani mempraktekkan setelahnya.

Sampai satu waktu, selang Raka tahu-tahu lepas dan harusnya masih ada jadwal minum susu 2x lagi. Nggak mungkin nunggu pasang sampai dokter langganan praktek. Posisinya itu masih jam 11 siang dan dokternya praktek di jam 8 malam. Akhirnya disitu saya baru berani mencoba pasang sendiri dan ALHAMDULILLAH lancar sampai sekarang. Semoga selalu lancar YA ALLAH...


 NOTE : 

JANGAN PERNAH NYOBA PASANG SENDIRI TANPA PERSETUJUAN DOKTER IYA! PLEASE JANGAN BERANI-BERANINYA.
BAHAYA BANGET! 

Sampai saya gedein itu huruf kan supaya kalian nggak cem macem 😡😡😡

Cuss lanjut iya kita...

Untuk peralatan NGTnya, yang aku pakai ini neh :

  • Selang NGT Silicone : Raka Pakainya sih ini setiap ganti. Kalau stocknya habis, bisa pakai yang well lead.
Selang Silicone
  • Syringe Terumo : Merk syringe tuh ada banyak iya, yang sering dipakai RS biasanya terumo. Kalau mau yang murah dari ini, pilihan saya OneMed.
Syringe
  • Sarung Tangan : Saya cari sarung tangan medical yang harganya sesuai dompet aja sih ini hehehehe 😝😝😝
  • Micropore 3M Nexcare : Ini sesuai kemampuan kantong dan sensitivitas anak iya. NGT biasanya pakai hypafix atau ultafix tapi berhubungan Raka iritasi, akhirnya saya pakainya ini. Sebenernya bisa aja Raka dipakaikan duoderm kayak ulo anaknya ka namiramonda tapi harganya lumayan 😅 hahaha. Jadi aku akalin pakai ini. Sekarang kalau dititip ke rumah nenek, tape-nya saya bikin full sampe deket jambang karena waktu itu pas saya pulang kantor, tahunya selangnya copot 😒 jadi kayak kelabang hahaha tapi iya udahlah iya orang anaknya jg nyaman aja.
Micropore 3M Nexcare
Ini saya bikin full karena mau dititip di nenek hahahaha takut lepas -_-"
  • Baby oil : Saya pakai baby oil cussons biasanya. ini aku pakai untuk ngebersihin sisa lem tape di pipi raka sebelum diganti ke tape baru. Nggak harus cussons kok yang penting baby oil. Pernah pake minyak kelapa tapi nggak bersih malahan.
  • Tisu Basah
  • Tisu kering
Semua peralatan yang Saya pakai pokoknya disesuaikan sama budget dompet saya dan suami iya. Mau sih kasih barang-barang medikal yang terbagus untuk Raka, tapi kalo belum bisa iya nggak mau dipaksakan daripada ujung-ujungnya sengsara sendiri kan.

 
Ini aku tunjukin beberapa barang yang dipakai ibu lain iya.
  • Selang NGT Halyard : Ini mahal banget selang NGTnya 😅😅 belum sanggup dan belum ada di Indonesia. Harus beli dari Singapura atau US dari yang pernah aku baca dari blog orang. Hebatnya, NGT ini bisa untuk hampir 2 bulan kalau nggak salah
NGT Halyard
source : https://nidaulhusnayaini.wordpress.com
  • Syringe Pump : Harga sewanya aja per bula bisa 1.5 juta sendiri. Aku pernah tanya sama ibu yang anaknya make ini. Beli barunya bisa 6 juta kalo nggak salah 😭😭😭 MAHAL...
syringe pump
Source : https://zonemedical.com.au
  • ConvaTex Duoderm Extra Thin : Ini yang bisa dipakai sebelum hypafix/ultrafix supaya pipi anak nggak iritasi.
Source : https://namiramonda.com/
  • Hypafix : Ini Bagus sih tapenya. Cuma raka nggak bisa
Hypafix
source : https://nidaulhusnayaini.wordpress.com
  • Ultrafix : Ultrafix versi murah dari ultrafix keluaran OneMed. Bagus juga kok waktu Raka pakai. Iya tapi raka iritasi banget.

Masih banyak lagi saya rasa deh barang-barang lain yang bisa dipakai untuk NGT. Yang saya tahu itu doang hehehe. Untuk cara pasang NGT-nya, mending lihat IGTV-nya ka namiramonda aja iya. Search dewek di instagram. Saya mah cuma res-resan marie regal doang hahahaha. Cuma mampu sharing begini doang saya mah yang lainnya silahkan searching sendiri lagi iya. Siapa tahu ada mamak-mamak kece yang jelasin lebih jelas dan lengkap tentang NGT 😘😘😘😘

Kalau Ada yang salah boleh dibantu koreksi loh. Saya masih belajar nulis blog soalnya hehehe, berbekal pengalaman nulis skripsi doang neh saya 😆😆 

See you next blog post...

...
 


Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *