Hi, Nice to meet you!

A Lucky and Proud Mom of "RAKA PUTRA BUMI" (GDD & agenesis corpus callosum diagnose) | Freelance as Fashion Stylist | Cappucino Lover | I am a Cancer sign
YUNITA

What Read Next

Mau Pasang KB Implan Atau KB IUD Iya?

KB IUD IMPLAN, Pemasangan IUD, RS HERMINA GALAXY, DOKTER KANDUNGAN, alat kontrasepsi


Salah satu beban pikiran gw adalah pasang KB. GB diawal belum mau gw KB yang semacam IUD, implan dan lainnya. karena merasa masih bisa pakai kondom. Eh…sekarang tahu-tahu mulai kepikiran juga dia hahahaha. Gw sama GB masih belum mau punya anak walaupun saat ini anak kita baru satu. Mau fokus ke Raka dulu. Nggak mau bodoh berbekal pikiran rejeki ada aja, jadi gegabah punya anak tanpa mikirin ini itu. Nggak gitu konsep hidup kita fulgoso.

Gw konsultasi ke RS HERMINA GALAXY dengan DR Rahayuning Indit Pramesti, SPOG . Dokter yang jadi favourite banyak ibu-ibu hamil menurut review beberapa ibu di google. Mungkin karena dokternya masih muda dan cantik iya 😁😁😁 Gw booking dari H-1 lebaran lewat aplikasi halo Hermina. Agak ngeri nggak dapat antrian kalo booking di H-1 hari konsultasi, jadi better jauh-jauh hari. Dari hari booking sampai hari H konsultasi, ketar-ketir hati gw. Gw agak trauma masalahnya sama yang namanya USG transvaginal tuh. Gw udah searching tentang KB spiral ini demi mempersiapkan hati gw pas diobok-obok tuh bagian bawah gw hahahaha 😂😂 Ealah...bukannya makin siap, gw malah makin deg-degan begitu nonton video pemasangan KB IUD/spiral. Haduh...otak gw mulai kepikiran apa beralih ke KB implan aja iya?

Kita coba lihat dulu yuk alat-alat kontrasepsi yang biasa dianjurkan sama obgyn. Ada Pil KB, suntik KB, kondom, implan dan IUD. Kebanyakan wanita memilih salah satu dari KB itu untuk mencegah kehamilan. Gw diawal selalu pakai kondom untuk cara gampangnya aja. Haduh pembicaraan ini agak gimana gitu iya ngebahasnya 😂😂 

KB IUD IMPLAN, Pemasangan IUD, RS HERMINA GALAXY, DOKTER KANDUNGAN
Source: Skata.id

Gw sendiri, di awal maunya pasang KB implan. Kenapa? Alasannya udah gw jelasin di paragraf sebelumnya. Gw nggak nyaman aja bagian bawah gw dimasuki alat. Gw lebih berani dibedah kecil jujur. Aneh bukan? Orang lain mah takut dibedah iya. Ditambah lagi, entah kenapa dipikiran gw, pakai KB IUD tuh kurang aman. Istilahnya kayak cuma nutup pintu indung telur supaya nggak kemasukan sperma aja. Gw mikirnya gitu diawal hahaha. Sedangkan pakai KB implan kan ada kandungan hormonnya tuh, jadi gw merasa lebih aman. Padahal KB yang mengandung hormon pun cocok-cocokan. Di beberapa orang bisa menyebabkan jerawat dan kenaikan berat badan katanya. Maklumi kebodohan gw ini iya guys, baru kebuka ini pikiran begitu cari tahu lebih banyak lagi tentang si KB IUD 😣😣😣 

KB IUD hormonal dan non hormonal, Pemasangan IUD, RS HERMINA GALAXY, DOKTER KANDUNGAN
Source: Skata.id

KB IUD/spiral pun ada 2 jenis. KB IUD hormonal dan non-hormonal. Begitu tahu ada yang hormonal, gw kepikiran lagi mau pake yang IUD hormonal. Makanya begitu sampai di poli kandungan, saat ditanya-tanya sama suster di awal datang, gw beranikan diri buat nanya si KB IUD hormonal ini. Susternya bilang, KB IUD hormonal memang ada tapi harga sangat mahal. Dia bilang berkisar 3 jutaan ke atas harga IUDnya sendiri dan barangnya itu indent, nggak langsung tersedia harus dipesan dulu. KB IUD hormonal ini pun biasanya untuk pengobatan bagi yang memiliki symtomps seperti endometriosis (sakit sebelum dan ketika haid) dan PCOS. Shock denger harganya, gw mundur perlahan HAHAHAHAHA. Nggak disangka kalau harganya bisa semahal itu 😪😪 Udahlah pakai KB IUD yang non-hormonal aja fix.

KB IUD non hormonal, cara kerja IUD, tentang KB IUD, efektif, Pemasangan IUD, RS HERMINA GALAXY, DOKTER KANDUNGAN
Source: Skata.id

Setelah ditanya suster, gw disuruh nunggu dulu. Dokter Rahayu ada tindakan kata suster. Pagi itu di poli kandungan udah ada beberapa pasangan yang nunggu dan kemungkinan pasien dokter Rahayu. Udah gw salah duduk, duduk di bawah AC yang rumah sakit pasang di angka 18͒ celcius ditambah lagi semakin dekat nama gw dipanggil, semakin jiper pula gw 😓😓 Begitu sudah masuk ke ruangan dan ketemu sama dokternya, rasanya lumayan lega. Dokter Rahayu seramah itu ke pasien.

KB IUD non hormonal, cara kerja IUD, tentang KB IUD, efektif, Pemasangan IUD, RS HERMINA GALAXY, DOKTER KANDUNGAN
Ruang Tunggu Poli kandungan di RS HERMINA GALAXY

"Hallo selamat pagi bu, kita belum pernah ketemu iya sebelumnya. Baru denger namanya neh.."

Sudah pasti belum pernah ketemu karena memang gw baru pertama kali periksa di RS Hermina Galaxy dan ke dokter kandungan situ. Sebelum tindakan, sudah pasti Dokter Rahayu meng-interview gw dan GB dulu. 

  • Sudah pernah pakai KB sebelumnya?
  • Rencananya mau pakai KB apa?
  • Alasan memutuskan pasang spiral kenapa?
  • Terakhir haid di tanggal berapa dan berapa lama?
  • Terakhir berhubungan kapan?

Dokter Rahayu sempat kaget waktu gw bilang, anak gw lahir di tahun 2017. Heran kok anak baru 1 dan umurnya sudah hampir 5 tahun tapi mau pasang KB. Dia tanya lagi, memang belum mau punya anak lagi dalam waktu dekat. Iya, gw sama GB bilang jujur kalau belum mau punya anak dulu karena mau fokus ke Raka yang notaben-nya special needs kid dan butuh banyak perhatian. Dokter Rahayu lanjut tanya, umur gw berapa. Gw jawab 32 tahun, tahun ini.


"Umur 32 tahun iya...yakin mau pakai KB? Tapi nanti kalau mau program anak lagi, setelah lepas KB, ibu harus minum vitamin dulu iya. Program kehamilannya jangan sampai mendekati umur 40 tahun loh. Resikonya tinggi..."


Yak sudah diultimatum sama Dokter Rahayu dulu dong hahahaha. Gw sama GB cengengesan aja waktu diultimatum begitu.

"Berhubung ibu sudah selesai haid, kita cek dulu seberapa besar toleransi ibu sama rasa sakit. Tiap orang kan beda-beda iya toleransi sama rasa sakitnya. Apalagi ibu melahirkannya secara caesar. Sebenarnya lebih baik kalau pasang KB IUD itu ketika sedang haid. Rasa sakitnya akan lebih berkurang daripada ketika tidak haid...Yuk kita cek dulu..."

Langsung gw dibimbing sama susternya untuk duduk di kursi eksesusi dengan posisi ngangkang seperti waktu gw cek janin di masa kehamilan dulu. Haduh ini dia yang gw takutin. Dokter Rahayu dan susternya beberapa kali ngomong ke gw untuk relax. Sebelum dipasang, Dokter Rahayu memeriksa rahim gw dulu pakai USG Transvaginal. Alhamdulillah semuanya aman nggak ada miom dan sel telur juga bagus. Dokter pun masih sempat  nanya sekali lagi ke gw dan GB, yakin pakai KB IUD apa nggak. Sontak gw dan GB jawab iya dengan kompak 😂😂😂

Selama pemasangan KB IUD, jujur neh iya, di gw rasanya NYERI & NGILU BANGET!!!! Udah lagi nyeri, diajak ketawa lagi sama dokter dan suster. Paham sih, maksudnya biar gw nggak tegang. Mau ketawa tapi gw lagi nahan sakit hahhahaha. Pas di USG tuh rasanya nggak sakit. Cuma begitu alat cocor bebek masuk ASTAGA NYERI BANGET! Nyeri yang masih bisa gw tahan dan tolerir asal nggak kelamaan. Ada rasa ingin kencing masalahnya saat itu. Malu banget kalau tahu-tahu kencing di situ kan 😩😩 Dokter Rahayu mah sebenarnya gentle banget setiap mau masang alatnya, USG Transvaginal aja nggak ada rasa sakit kayak dulu gw cek kehamilan di salah satu RS di Jakarta. Emang gw-nya aja yang toleransinya nggak tinggi sama hal-hal beginian.

KB IUD non hormonal, cara kerja IUD, tentang KB IUD, efektif, Pemasangan IUD, RS HERMINA GALAXY, DOKTER KANDUNGAN
Alat Cocor Bebek
Source: shopee.co.id

Gw dikasih lihat IUD apa yang digunakan. Suster memberitahu ke kita, kalau IUD-nya masih disegel iya ini. Haduh rasanya mau nyerah tapi udah keburu nyeri masa mau mundur kan nggak mungkin. Gw tuh beberapa kali diingetin untuk relax karena secara nggak sadar kaki gw tegang karena nahan sakit 😭😭😭 Pemasangan KB IUD nya sendiri ternyata cepat banget kok guys. Tahu-tahu kelar aja hahahaha. Gw dikasih pasang KB IUD Nova T sama Dokter Rahayu untuk jangka waktu 5 tahun, kalau kata dokternya macam STNK mobil hahahaha. Beberapa temen gw bilang, KB IUD ini termasuk yang bagus dan harganya juga lumayan mahal. 
KB IUD non hormonal, cara kerja IUD, tentang KB IUD, efektif, Pemasangan IUD, RS HERMINA GALAXY, DOKTER KANDUNGAN
Packaging KB IUD Nova T
Source: lazada.co.id

Selesai proses pemasangan KB IUD, Dokter Rahayu bilang bulan Juni balik konsultasi lagi ke dia untuk cek posisi KB IUD-nya. Semoga sampai hari gw konsultasi lagi, itu IUD masih diposisi yang benar iya. Gw juga nggak lupa nanya ke dokter, berhubung gw suka olahraga angkat beban, gw agak takut mempengaruhi posisi IUD-nya. Menurut Dokter Rahayu nggak masalah, gw tetap bisa olahraga angkat beban dan juga diperbolehkan kalau memang mau berhubungan badan, ASAL hindari dulu posisi women on top 😏😏😏 Okelah posisi lain aja kalo gitu *eh hahahaha. Thank you banget sama Dokter Rahayu dan susternya, baik banget sama gw. Informatif dengan semua pertanyaan gw tentang KB. Recommended bangetlah pokoknya Dokter Rahayu tuh!!! JUARA!

Harga KB IUD Nova T Dan Pemasangannya


Ini yang bikin shock iya. Gw berpikir biaya konsultasi dan jasa pemasangan bisa dicover asuransi GB, sayangnya nggak sodara sebangsa setanah air. Ujung-ujungnya gw harus bayar full semuanya. Harga KB IUD-nya sendiri itu sebesar 458 ribu. Biaya pasang IUD sebesar 235 ribu dan masih ada beberapa biaya lagi. Totalnya 1,1 juta Mau nangis nggak hahahaha gw sih puyeng lihat totalannya. Tapi iya sesuai perkiraan kalau bakal segitu. Lagipula GB nggak mau gw pasang di bidan, merasa dokter spesialis kandungan pasti lebih kompeten di ranah ini. Iya syudah mau apa dikata kan. Gw baca artikel Skata, katanya sih bisa pasang KB IUD di puskesmas dan biayanya jauh lebih murah. Mungkin bisa jadi referensi kalau budget tidak memungkinkan. Biayanya sekitar 150.000-170.000 katanya.

KB IUD non hormonal, cara kerja IUD, tentang KB IUD, efektif, Pasang IUD, biaya kb iud, RS HERMINA GALAXY, DOKTER KANDUNGAN
Rincian Biaya Pemasangan KB IUD Nova T


Efek Samping Setelah Pemasangan KB IUD Nova T

KB IUD non hormonal, cara kerja IUD, tentang KB IUD, efektif, Pemasangan IUD, RS HERMINA GALAXY, DOKTER KANDUNGAN
Posisi KB IUD 

Dokter Rahayu bilang, kemungkinan lama haid akan lebih panjang nantinya beberapa bulan. Lalu setelah pemasangan kemarin itu, gw ngeluh ada rasa nyeri seperti lagi haid hari pertama dan kedua. Dokter tanya ke gw mau diresepin obat atau di rumah ada persediaan obat pereda nyeri nggak. Kalau ada obat pereda nyeri semacam paracetamol, gw disuruh minum itu nanti di rumah. kebetulan gw memang stok beberapa obat yang ada paracetamolnya. Jadi dokter nggak diresepin obat deh.

Kemarin tuh rasa nyerinya lumayan hebat sih. Beneran kayak lagi haid hari pertama. Perut bloating, kaki kemeng dan nyeri di perut. Hari ini pas bangun, gw ada keputihan gitu dan banyak kayak cairan gw lihat. Eh siangnya, ada darah yang keluar 😑😑

Temen gw yang pasang KB IUD cerita banyak ke gw, efek samping pemasangan KB IUD memang begitu. Tubuh sedang beradaptasi dengan si IUD ini yang tahu-tahu tinggal di dalam kan. Temen gw ada yang spotting/flek sampai sekitar 2 minggu ada yang nge-flek cuma 5 hari. Alhamdulillah...berarti wajar apa yang gw alami. Sampai hari ini, keluhan gw cuma itu aja sih, berasa lagi haid aja. Semoga segera hilang efek sampingnya dalam hitungan hari. Berhubung ini kali pertama pakai KB IUD, gw jadi overthinking sendiri hahahaha. Kalau pipis sama buang air besar nanti keluar nggak iya iud nya? Aduh WC gw jongkok lagi. Seharian yang dipikirin itu sampe mau ke toilet aja takut 😑😑 Padahal mah aman aja udah si iud nya di dalam sana.

Kalian yang mau pasang KB IUD, cus lah pasang. Nggak perlu takut, lebih takut kalo sampai kebobolan ketika jiwa raga belum siap kan 😂😂 Pasang pas hari haid ke 2 iya, biar rasa nyerinya nggak begitu berasa. Nggak perlu malu, karena yang menyarankan juga dokter kandungan kan.

See you next post guys...




Comments

  1. terimakasih info per kb annya, sampai saat ini istri saya g pakai alat kb. cm pake ko aja.

    ReplyDelete
  2. artikelnya saya baca pelan pelan sekali dan saya ulang ulang haha. soalnya istri insyaallah akan melahirkan bulan depan semoga sehat dan lancar. nahh info ini penting banget kak buat saya, soalnya kita ada plan pake kb juga. terima kasih kak sudah berbagi kebermanfaatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..bismillah lancar iya persalinannya kaa. Semoga lahir dengan selamat dan sehat anaknya dan ibunya juga recovery nya cepatnya. Iya makasih sudah baca semoga bermanfaat. Memang harus dikomunikasikan dulu masalah begini biar enak di dua"nya hehehe. bisa langsung pasang KB setelah melahirkan katanya sih kalau IUD sama implan. nanti coba ditanya lagi

      Delete
  3. Huwaaaa! Jadi ingat lagi waktu pasang IUD dulu. Asli ngiluuuu 🥺 Ah, terus nggak dicabut-cabut sampai hampir 10 tahun pula. Tapi ngeri juga tuh, soalnya anak kedua lahir di luar rencana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih tos dlu kalo gitu. kirain aku lebay ternyata memang beberapa rasa ngilu kan. waduh kaa lama bener 10 th hahahaa. aku juga udah baca-baca ada aja yang kebobolan sih. Semoga aku salah satu yang berhasil sampai 5 th aman.

      Delete
  4. Mbaaak ini artikelnya lengkap banget loh, aku baca kata per kata, dan seketika clingggg aku menjadi tercerahkan. Makasih banget yaaa!!

    Kapan-kapan share lagi dong setelah beberapa kali siklus haid gitu, efeknya gimana, boleh gak? Hehe

    Aku ada kepikiran mau pasang IUD ini juga sih. Tapi ya gitu, mikirin diobok-oboknya udah bikin ngilu. Selama ini sama big bos udah sepakat KB pake cara lain sih, yang nggak hormonal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIAP KAA!!! nanti kalau udah beberapa bulan aku coba sharing lagi gimana rasanya. kan...aku pun awalnya juga nggak nyaman sama sekali mikir diobok"nya itu. makanya jiper banget di awal.
      makasih udah baca kaa.

      Delete
  5. Setiap orang beda-beda kali ya. Istri saya ga mengalami efek yg luar biasa setelah pemasangan IUD.

    KB IUD lebih nyaman dan ga mempengaruhi hormonya. Dan ga khawatir harus banyak atur² seperti KB inplan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setiap perempuan beda-beda. Kalau yang melahirkan secara normal katanya toleransi sakitnya lebih tinggi.

      Delete
  6. Wah jd pengetahuan baru nih, thanks ya kak sharingnya

    ReplyDelete
  7. wah kak saya belum kepikiran kb, karena masih berjuang garis dua hihihi, manfaat banget ni infonya tapi saya mau punya momongan dulu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEMANGAT KAAA!!!!! semoga disegerakan sama ALLAH iya diberi momongan. makasih mbak sudah baca

      Delete
  8. setelah baca ini jadi tau jenis jenis per kb an, terimakasih informasinya ka

    ReplyDelete
  9. Waaah thanks kak sudah sharing. Jadi melek bacanya tau tentang per-kb-an ini hihi semoga ketika sudah nikah dan punya momongan bisa jadi referensi dari tulisan ini :D

    ReplyDelete
  10. Keren kak informasinya.. Aku simpenn... Karena belum paham apapun.. Bismillahh setelah dapet jodoh dalam penantian ini Akan bermanfaat banget artikelnyaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *