Hi, Nice to meet you!

A Lucky and Proud Mom of "RAKA PUTRA BUMI" (GDD & agenesis corpus callosum diagnose) | Freelance as Fashion Stylist | Cappucino Lover | I am a Cancer sign
YUNITA

What Read Next

Cara Membuat Kimchi Sendiri Dengan Mudah

cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe

Demam Korea lagi merajalela di banyak negara, tanpa sadar kita jadi terbawa dengan trend yang ada. Musik, film dan terutama makanannya. Tiap nonton acara mukbang korea, rasanya ngiler banget sampai mikir, ini orang korea makan mie mulu nggak masalah deh. kenapa giliran kita makan mie mulu bisa diomelin ortu iya hahahha. Dari situlah gw kenal si kimchi ini. Makanan yang selalu ada setiap kali mereka makan terutama makan ramen. Kelihatannya sih enak, tapi dulu pertama kali gw makan kimchi, rasanya aneh banget. Kok kecut banget gini sih. Sekarang udah terbiasa dan bisa nyampur si kimchi ke makanan indonesia. Nggak peduli cocok apa nggak, tetep aja gw makan pake kimchi. Setiap butuh nutrisi dari sayuran tinggal campurin kimchi aja ke makanan kita. Ditambah lagi manfaatnya bagus untuk pencernaan kita.

Beberapa artikel menjabarkan manfaat kimchi ke kesehatan kita dan ternyata buanyak banget. Salah satunya sebagai sumber bakteri baik untuk tubuh karena kimchi sendiri merupakan makanan hasil fermentasi. Bakteri baik yang terkandung di kimchi adalah lactobacillus yang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan. Cocok untuk gw yang pencernaannya kurang bagus 😑😑 Kimchi pun disebut mampu menguatkan sistem imunitas tubuh karena nggak cuma mengandung probiotik tapi juga mengandung banyak vitamin di dalam. Luar biasa kan manfaatnya.

Sebelumnya, gw sering beli kimchi kemasan di supermarket yang merek Ommason atau Mu Gung Hwa. Dua-duanya lumayan enak cuma iya rasanya nggak sesegar bikin sendiri. Dua merek itu sudah ada label halalnya kok jangan khawatir. Harga kimchi Ommason itu sekitar 50ribuan ke atas untuk kemasan 320gr. Sedangkan harga Kimchi Mu Gung Hwa sekitar harga 35ribu keatas untuk kemasan 300gr. Lumayan bikin boncos kalau tiap hari beli. 

cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe

Gw juga pernah coba kimchi buatan orang korea asli yang dia akui halal. Namanya kimchi heaven. Ini jauh lebih enak dari dua kimchi yang sebelumnya gw sebutkan. Lebih segar dan nggak berasa artificial rasa kimchinya. Pokoknya bedalah, agak susah menggambarkan rasanya. Harga kimchi heaven agak lumayan karena memang setiap harinya pasti bikin baru dan fresh homemade. Mereka juga punya banyak variasi kimchi, nggak cuma kimchi sawi aja. Kalian biasa cek langsung aja di tokopedia mereka iya. 

cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe

Ini rekomendasi untuk kalian yang nggak mau effort bikin sendiri. Saran gw, better coba-coba bikin sendiri supaya menghemat biaya. Pembuatannya nggak sesulit itu sebenarnya. Persiapannya aja yang lumayan banyak dan butuh waktu. Gw mau sharing resep cara membuat kimchi sendiri dengan mudah versi gw. Ini mix dari resepnya maangchi sama Mrs.Culinary dari channel youtube. Udah jadi kebiasaan gw nyetok kimchi di rumah. Ada gagalnya juga kok beberapa kali, kimchinya keasinan. Entah kemarin tuh sepertinya kebanyakan nabur garam deh. 

Resep kimchi yang gw gunakan ini untuk sawi 4 kg iya. Awal bikin udah langsung berani bikin 4 kg, untung berhasil. Nangis gw kalau gagal hahahaha. Ada beberapa bahan yang jarang kita gunakan sehari-hari, jadi mau nggak mau beli dulu. Bahan ini bisa digunakan beberapa kali kok. Seperti gochugaru, gochujang, kaldu jamur & teri siap pakai, Kecap ikan teri dan juga kelp. Udah banyak yang halal juga. Ini hanya gambaran aja iya guys.

cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe



Resep Kimchi (4 kg Sawi putih)

Bahan :
  • 4 kg Sawi putih
  • 10 batang daun bawang potong memanjang (boleh pakai boleh nggak. Harusnya sih yang pakai itu daun bawang kucai, berhubung deket rumah adanya ini, jadi pakai yang ada)
  • 2 buah Bawang bombay
  • ± 40 siung bawang putih
  • 4 buah wortel besar, iris tipis panjang
  • 1 buah pear besar
  • 1 lembar kelp kering
  • 1 teabag kaldu jamur & teri dari kemasan siap pakai
  • 2 cup kecap ikan teri
  • 250gr gochugaru
  • 2 sendok makan gochujang
  • 6 sendok makan gula
  • ± 18 sendok makan madu (tapi dipercobaan pertama masih berasa hambar walaupun madu sudah lumayan banyak. Kalau mau, jumlah madu dikurangi aja tapi ditambah gula. atau madu diganti dengan corn sirup atau maple sirup yang biasa orang korea pakai supaya ada rasanya lebih enak)
  • 4 sendok makan tepung beras (gw pakai tepung beras rose brand)
  • 700ml air untuk bikin kaldunya
  • 500gr garam (gw menyiapkan garam banyak untuk jaga" saja. Garam digunakan saat merendam dan akan ditaburkan perhelai di sawi sebelum proses fermentasi)
  • Sepasang plastik sarung tangan
Cara membuat :


Step 1 - Memproses Sawi Putih
  1. Kita siapkan dulu sawi putihnya. Potong buntutnya, lalu potong belah 2 dari bagian buntutnya kira-kira 10 cm, lalu sobek dengan tangan . Setelah itu ulangi cara sebelumnya sehingga 1 sawi terpotong menjadi 4 bagian seluruhnya. Kira-kira bentukannya seperti di bawah ini
    cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe
    Source: detikfood
  2. Cuci sawi yang sudah dibelah hingga bersih. Cuci perhelai-nya juga iya.
  3. Lalu siapkan air garam terlebih dahulu untuk merendam sawi yang telah kita cuci. Air garamnya dalam keadaan tidak panas iya, karena kita bukan mau memasak sawinya. Rendam satu per satu sawi putih lalu tiriskan dan taruh sawi di wadah terlebih dahulu.
  4. Sesudah direndam air garam, kita masuk ke proses menggarami sawi helai per helai. Garami secukupnya sambil dibalur rata di tiap helai sawi dan fokus ke bagian putihnya saja (Jika terlalu banyak garam yang dibalur ke sawi, nanti hasilnya bakal keasinan soalnya. Ini pengalaman waktu percobaan kedua. GB yang balurin garam dan hasilnya asin banget jadinya gagal.)
  5. Setelah digarami, kita masuk ke proses fermentasi. Masukkan sawi putih ke wadah kontainer yang besar dan tutup rapat. Diamkan sekitar 8-12 jam dalam suhu ruangan. Gw cuma mendiamkan sawinya selama 8 jam. Saat sudah 4 jam, gw sempat membalikkan posisi sawinya terlebih dahulu. lalu ditutup rapat lagi
  6. Begitu sudah 8 jam, kita cek dahulu sawi putih. Jika bagian putihnya kita coba patahkan ternyata tidak patah, berarti sawinya bisa kita lanjutkan ke proses selanjutnya
    cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe
    Source: Mrs.culinary youtube
  7. Langkah selanjutnya adalah mencuci sawinya kembali untuk membersihkan garam yang sebelumnya kita balurkan. Air yang keluar dari sawi saat kita diamkan 8 jam bisa dibuang sembari kita cuci sampai sawinya tidak terasa asin. Lalu tiriskan terlebih dahulu. Mrs.Culinary menyarankan untuk mencucinya kembali dengan air matang. Gw nggak mempraktekkan ini waktu bikin 😅😅

Step 2 - Membuat Kaldu dan Bumbu Merahnya

  1. Siapkan blender untuk menghaluskan bahan-bahan untuk bumbu merah.
  2. Lalu masukkan satu persatu bawang putih, bawang bombai dan buah pear. Blender hingga halus dan letakkan di mangkok besar sembari kita membuat kaldunya.
    cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe
    Source: Mrs.Culinary youtube

  3. Untuk membuat kaldu, siapkan air untuk membuat rebusan kaldu. Gw menggunakan sekitar 700ml kemarin, ini bisa kalian sesuaikan lagi.
  4. Kemudian masukkan 1 lembar kelp yang sudah dipotong agak kecil dan juga 1 teabag kaldu jamur dan teri siap pakai. Rebus dengan api kecil sekitar 15 menitan.
  5. Kalau sudah jadi, saring terlebih dahulu air kaldunya, kemudian masukkan panci lagi dan tambahkan ± 4 sendok makan tepung beras. Aduk tepung beras terlebih dahulu sampai tercampur dan tidak ada gumpalan, baru nyalakan api. Aduk terus hingga kaldu mengental iya. Kudu kental pokoknya jangan sampai terlalu cair agar ketika dicampur nanti tidak terlalu encer. Yang terakhir gw bikin kurang kental. Nggak masalah sih, tapi gw merasa nggak sempurna aja resepnya tuh hahaha.
    cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe
    Source: Maangchi.com
  6. Diamkan kaldu sampai agak dingin

Step 3 - Mencampur Semua Bumbu Halus dan Kaldu

  1. Campurkan bumbu halus dan 2 cup kecap ikan teri, madu dan juga gula. Aduk dulu sebentar, baru masukkan 250gr gochugaru dan 2 sendok makan gochujang kemudian aduk kembali hingga rata.
  2. Masukkan kaldu yang sudah kita buat dan aduk hingga hingga rata.
  3. Coba terlebih dahulu, apa bumbunya sudah pas dan enak.
  4. Jika sudah enak dan pas, masukkan potongan daun bawang dan juga wortel ke dalam mangkok tersebut dan campurkan dengan tangan. Jangan lupa menggunakan plastik sarung tangan, karena kalau nggak pakai sarung tangan, takutnya bikin tangan panas kena cabenya guys.
    cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe

Step 4 -Finishing

  1. Balurkan sawi putih dengan bumbu kimchi yang sudah sikita siapkan secara merata pada tiap helai sawi
    cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe
    Source: Mrs.Culinary youtube

  2. Ulangi prosesnya ke semua sawi yang sudah kita siapkan sebelumnya.
  3. Setelah itu, masukkan sawi ke dalam kontainer yang tertutup rapat iya. Gw pakai kontainer merk delicia karena harga lumayan bersahabat dan bagus untuk tempat kimchi. Itu aja aku bungkus lagi pakai plastik wrap supaya makin rapat.
  4. Tekan-tekan sawinya supaya nggak ada udara yang tertinggal di kontainer.
  5. Jangan memasukkan terlalu penuh sawinya ke dalam satu kontainer, karena nantinya, sawi ini akan mengeluarkan gas selama proses fermentasi. Jadi beri ruang agar tidak buyar kemana-mana bumbunya.
  6. Diamkan selama 2 hari di suhu ruangan dan jangan di tempat yang panas terkena matahari. Berhubung kita daerah tropis, dalam 1 hari juga sudah terfermentasi kok sawinya. Semakin lama kalian taruh di suhu ruangan, kimchinya akan semakin asam. Jadi disesuaikan saja dengan mau kalian.
  7. Begitu sudah 2 hari, kimchi ini akan mengeluarkan gelembung yang tandanya sudah berhasil terfermentasi. Nah, kalian bisa pindahkan kimchinya ke kulkas deh.

NOTE :
Jika mengambil kimchi, gunakan sendok atau garpu yang bersih. Jangan menggunakan sendok atau garpu yang sedang kita pakai untuk makan. Khawatir akan merusak kimchinya. Ambil kimchi juga secukupnya ketika makan dan jangan sampai menaruh kembali sisa kimchi yang tidak kemakan. Ini pun dikhawatirkan bisa merusak daya tahan kimchi.
...

cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe


Inilah hasil percobaan pertama membuat kimchi sendiri yang hasilnya sangat memuaskan. 4 kg sawi loh ini. Bisa untuk stok berbulan-bulan sebanyak itu. Lumayan punya stok sayuran yang tinggal ambil tanpa harus masak berkali-kali hahahaha anaknya ketahuan pemalas yee.  

Kimchi paling the best itu dimakan bareng yang kuah-kuah terutama mie. Sedangkan gw, kadang bisa nyampurin makanan apapun yang lagi gw makan pakai kimchi walaupun orang bilang itu percampuran yang aneh. Gw mah yang penting makan sayur tanpa ribet aja 😂😂😂

Semoga resep modifikasi gw bisa membantu kalian iya. 

Selamat mencoba guys!!! See you on the next post..


cara membuat kimchi halal, kimchi, harga kimchi ommason, gochujang halal, kimchi bon cabe



Source:
  • CNN Indonesia - https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211123114612-262-724826/6-manfaat-ajaib-kimchi-untuk-kesehatan
  • The Asianparent - https://id.theasianparent.com/manfaat-kimchi
  • Momsmoney - https://www.momsmoney.id/news/dinobatkan-jadi-makanan-tersehat-di-dunia-kimchi-punya-segudang-khasiat-buat-tubuh


Comments

  1. Sepertinya memang kelihatan mudah kak, tapi belum tentu pas aku praktekin hehehe

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sekali ini resepnya. Noted dan baru tau kl kimci ini sangat baik untuk kesehatan. Wah dengan resep ini bisa makan kimci setiap hari sih ya. Stok untuk berbulan-bulan. Makan sayur tanpa masak berkali kali. Terimakasih resepnya...

    ReplyDelete
  3. Wah bermanfaat sekali resep ini. Jadi bisa makan sayur setiap hari tanpa harus masak berkali-kali nih. Otw buat.

    ReplyDelete
  4. WHOAAA jadi pengen kimchi dan makanan korea. Ngilerrrr! Kayanya gampang yaa kak kalau buat, tapi kayanya sii aku mager buatnya hihi :(

    ReplyDelete
  5. Detail banget kak resepnya. Aku juga sama kaya kakak ga tau kenapa ga suka kimchi awalnya tapi lama-lama oke juga walaupun ga terlalu suka banget sih. Entahlah mungkin aku lidahnya melokal karena lebih nendang makan asinan sayur Bogor. Rasa cabe nya lebih mantep. Wkwkwk. Makanan korea yang cocok di lidah aku jajangmyeon. Enak bangettt.

    ReplyDelete
  6. Kereeeeeeennn...
    Selamat yaa...jadi punya stok kimchi banyak banget. Kalau dari estimasi harga, lebih worthed bikin sendiri atau beli?

    Aku juga kadang kalau lagi gak doyan makan, malah ngemilin kimchi.
    Dan setuju, aku juga lebih seneng beli produk yang fresh ketimbang yang di supermarket. Karena agaknya si sawinya uda lemes gitu.. gak kress...kress...

    Ini kalau di drama di simpen di kulkas disusun rapi gitu, cantiknyaaa~
    Neomu yeoppoo, neomu masisseo-yo...

    ReplyDelete
  7. Keren banget, rinci tutorialnya. Seperti yg sering saya liat di yutub-yutub, Kimchi terlihat menggoda. Jadi pengen nyobak.

    ReplyDelete
  8. Lidah gue cocok ga ya makan begituan? Tapi penasaran sih pengen coba. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  9. Pernah coba makan kimchi kemasan yang dijual di supermarket dan saya tidak terlalu suka rasanya. Rasa ngiler waktu liat artis di drama Korea ternyata tidak cocok dengan lidah saya. Mungkin harus coba buat sendiri biar rasanya bisa disesuaikan. Terima kasih resepnya :)

    ReplyDelete
  10. hiks saya enggak suka rasanya, lidahnya bukan lidah kota wkwkwk, pernah coba sekali dan bumbunya kuat banget, jadi stop makan deh, padahal manfaatnya banyak ya, coba lagi deh kapan-kapan, semoga lidahnya sudah bisa bersahabat

    ReplyDelete
  11. Sepertinya mudah sekali ya,

    boleh ini dicoba,
    semoga saja buatan saya rasanya juga enak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *