Hi, Nice to meet you!

A Lucky and Proud Mom of "RAKA PUTRA BUMI" (GDD & agenesis corpus callosum diagnose) | Freelance as Fashion Stylist | Cappucino Lover | I am a Cancer sign
YUNITA

What Read Next

Fase Baru Raka yang Menguras Kesabaran dan Tenaga

Siapa yang kuat coba kalau bisa dibilang hampir setiap malam anak rewel. Oklah kalau rewelnya kita tahu penyebabnya dan cuma merengek. Sedangkan Raka itu nangis jejeritan gerung-gerung di tengah malem guys. Jujur kalau boleh, saya mau ikutan nangis juga sambil gosek-gosek lantai...ASLI!
Pasti Pada mau komentar, "Sabar...sabar..."
Saya udah sabar banget YA ALLAH. Namanya manusia iya, sabar kayak apapun akhirnya ngeluh juga sambil nangis 😭😭

Raka udah agak berubah suka begadang tuh dari beberapa bulan yang lalu. 2 atau 3 bulan yang lalu mungkin. Cuma masih ditahap bisa dimaklumi. Entah kenapa tetiba Raka langsung berubah 180◦. Awalnya saya cuma bisa puyeng doang mikirin, ini anak kenapa iya, sariawan nggak ada, tahu-tahu rewel. Kenapa saya berpikir dia sariawan, iya memang Raka lagi hobby banget sariawan. Udah mulai rutin konsumsi vitamin C padahal. Lalu makin ke sini, ada lagi penyakit yang lain. Demam naik turun dan lambung Raka akhirnya ikutan bermasalah juga. Setiap kali sakit, pasti lambung raka ikutan bermasalah. Entah istilah tepatnya apa. Saya agak curiganya ke GERD sih. Lagipula Raka khan pakai selang, jdi bisa aja karena itu juga. Saya tahu karena baca banyak artikel kesehatan luar negeri. Salah satunya ini,

See?
Intinya NG Tube berpotensi menimbulkan kram perut, mual, muntah, pusing, dan lain-lainnya.
penyakit yang paling bikin saya jiper karena Raka akan rewel berkali-kali lipat ditambah lemparan bom kentut Raka yang baunya luar biasa busuk 😅😅😅 ayahnya sewot biasanya hahaha. Saya mah udah bodo amat sama itu baunya.

Beberapa hari lalu itu, saya udah konsul ke dokter spesialis anak via Halo Doc. Udah pada coba belum? Sesekali coba deh konsultasi online di Halo Doc, lumayan melegakan hati. Apalagi buat orang tua yang masih parnoan ngajak anak ke rumah sakit termasuk saya 😑 Cuma kalau bisa mending tatap muka langsung sama dokternya biar semua uneg-uneg keluar sampai tuntas.
Jadi, saya bilang ke dokternya kalau Raka susah tidur dengan alasan yang saya nggak paham kenapa. Iya memang sebelumnya nggak jelas Raka tuh kenapa. Dokter akhirnya menyarankan untuk konsumsi satu obat yang memungkin bikin Raka lebih bisa tidur dengan nyenyak. Dikasih juga dosis obatnya sesuai umur dan berat badan Raka.
(sorry saya nggak bisa kasih tahu lebih jelas obatnya, takut memicu orang sembarangan kasih ke anak)
Dokternya suruh saya cari di tokopedia atau shopee. Untung harga obatnya waras. 1 botol isi 120 tablet. Alhamdulillah...saya udah jiper aja hahaha.

Obat udah saya pesan, tapi hati sama kepala masih aja puyeng mikirin raka kenapa bisa tahu-tahu malam begadang, baru tidur lagi jam 6 pagi. Selama begadang isinya cuma nangis + teriak-teriak nggak karuan.
Saya akhirnya beraniin diri untuk tanya sana sini terutama ke temen Instagram yang sesama anak special needs. Se-desperate itu saya sama keadaan Raka. Jawaban DM dari mbak Grace itu paling bikin hati tenang walaupun agak sedikit berbeda casenya, Ubi casenya dengan CP. Dia bilang gini, ini saya agak persingkat aja iya omongannya,
Kalau untuk anak CP banyak mbak yg kayak gini..Ubii tuh dah sejak umur berapa ya, sampe lupa aku. Udah lama. Jadi aku ngerti bgt yg mba rasain sekarang stress, capek, kesel pasti ada juga, sedih, dll...cuma bisa pelukk. Dulu pas ubii kaya gininya banget2, aku konsul dok dikasih obat utk 'ngelemesin' biar at least kl malem bisa tidur krn aku bilang bener2 uda gak sanggup kl malem2 dia begitu...
SAYA NGERASA NGGAK STRESS SENDIRI JADINYA 😭😭😭

Orang yang nggak berada di posisi kita pasti akan ngomong seenak jidat mereka sama reaksi kita ini. Orang lain baru bisa paham kalau ada diposisi yang sama kan 😊 tapi jangan sampai sih iya.

Saya sempet nanya juga ke terapis Raka, jawabannya pun sama seperti mbak grace. Raka lagi masuk ke fase dimana jam tidurnya terbalik. Ini dialami oleh banyak anak berkebutuhan khusus.

Solusinya :
  1. Kalau siang diusahakan tidak tidur atau tidur max 1 jam. Pada jam 11 atau 12.
  2. Hindari tidur di sore hari
  3. Jika udah nggak sanggup menhadapinya, bisa konsul ke dokter spesialis anak. Terapis bilang, biasanya sama dokter diberi obat tidur untuk tahap awalnya.

Sisanya tinggal memasrahkan diri dan sabar menghadapi Raka yang luar biasa nangisnya.
Sampai detik ini pun, Raka masih banget setiap mau tidur & bangun tidur. Entah tidur siang mau pun tidur malem ditambah ada sariawan lagi. Demam masih naik turun. Biasanya begitu nangis kejer, demamnya bisa naik. Agak mengherankan sih iya. Semoga ada hikmah dibalik sakitmu, nak. Terimakasih banget Raka, ibu diajarin ilmu sabar lagi kali ini. Semoga banyak hal baik yang kita dapat iya dari beberapa hari yang lumayan menguras kesabaran dan tenaga ibu ini. AMIN YA ALLAH...


...




Comments

  1. Semangaaaat, Mbaaakkk!
    Emang tiap fase perkembangan tuh ada aja tantangannya.
    Kupikir setelah drama anak begadang, semakin gede anak, semakin bisa santai. Taunya sekarang anak dah mau 2 tahun masih struggling sama GTM. Tiap hari kejar-kejaran demi sesuap nasi masuk ke perut. :))
    Salam kenal, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak nisa :)
      iya tiap perkembangan di tiap anak selalu beda iya. udah lega sama fase sebelumnya, dateng lagi fase baru. SEMANGAT TERUS KITA JADI IBU IYA...

      Delete
  2. Hai mbakk. U re such a choosen woman! Aku tidak di posisi mbak tapi aku bisa turut merasakan sebagai sesama manusia.

    Smoga Raka bisa kembali lagi jam tidurnya dan semua habit2 baiknya. Agar maminya bisa rest dengan baik sepanjang malamnya. Dan yg terpenting juga smoga raka diberikan pulih yang sempurna dari Penciptanya ❤

    Salam kenal mba thankyou for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak dewi. Salam kenal juga dari aku.
      AMIN YA ALLAH, terimakasih banyak doa tulusnya. Alhamdulillah udah better sekarang tapi begadangnya masih jadi juara dia. mungkin karena aku juga di full time di rumah.

      kamu semangat terus mbak di bidangnya. sehat selalu. Semoga ALLAH selalu memberimu berkat yang banyak iya.

      Delete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *