Hi, Nice to meet you!

A Lucky and Proud Mom of "RAKA PUTRA BUMI" (GDD & agenesis corpus callosum diagnose) | Freelance as Fashion Stylist | Cappucino Lover | I am a Cancer sign
YUNITA

What Read Next

Pertama Kali Kenalan Dengan Selang NGT


Masalah berat badan Raka yang naik turun dan kurva bentuknya datar itu udah berlangsung dari dia umur 4 bulan kalau nggak salah. Awalnya naik cuma sedikit, lama-lama susah naiknya 😑😑😑 Raka udah disarankan untuk bantuan susu formula dari umur 4 bulan. Waktu itu disarankannya SGM 74, dokter bilang kalau setelah minum SGM 74 berat badan masih kurang harus ganti ke susu Infatrini dan harganya bukan main sodara-sodara!! Muahal bener...Tapi demi anak naik berat badannya iya sempet kita paksain coba susu infatrini 1 kaleng. Coba tebak apa yang terjadi?

Awal-awal Raka oke mau nelen itu susu yang saya buat sesuai dengan takaran di anjuran kalengnya. Salah juga sih saya, harusnya dikasihnya bertahap dulu karena ini susu jauh lebih kentel dan manis dibanding susu biasa PLUS rasanya agak aneh sih menurut saya. Kayak ada rasa lain selain manis gitu. Susah jelasinnya 😅😅😅 Nah...percobaan kedua minum susu pakai susu infatrini, anaknya berontak dan mewek nggak karu-karuan pemirsa. Susu yang masuk pun jadi nggak maksimal. Waktu itu minum susu formula masih 1x dalam sehari iya, sisanya ASI. Besok-besoknya masih sama juga, setiap dikasih berontak. Karena nggak mau terbuang sia-sia, susunya saya campurin aja ke makanan Raka. Emak-emak pantang ngebuang susu mahal yee. Begitu 1 kaleng habis, kita nggak lagi-lagi beli hahaha balik lagi weh ke susu SGM GAIN 74. Raka lebih bisa minum susu yang itu. Baguslah dia mengerti keuangan ayah ibu iya 😂😂😂

Kendala minum susu Raka ini juga dikarenakan dia kurang bisa minum susu pakai dot. Raka udah coba beberapa macam dot padahal. Sehari cocok, besoknya bermasalah lagi. entah dot merk pigeon yang bentuknya biasa, yang peristaltic plus, Huki yang dotnya gepeng ataupun yang biasa aja. Tetep aja ada kendalanya. Padahal kalau nete mah lancar jaga aja loh. Belum pernah saya ngerasain sebulan penuh lancar jaya ngasih dia susu pakai dot. Tapi kalau minum air putih pakai spout silicone nipple for training babies to drink merk Huki, lancar aja sampai sekarang juga. Kan nyebelin iya. Ibu sama ayahnya harus muter otak coba. Saya nyerah minumin susu pake dot karena jadi banyak yang kebuang akhirnya saya suapin aja deh minum susunya. Iyaa...ada yang suka kebuang juga pas disuapin susu, tapi paling nggak lebih sedikit dramanya.

Raka awet minum susu SGM GAIN 74 sampai umur 12 bulan. Susu ini sempet ngebantu Raka naikin BB hampir 1 kg kalau nggak salah dan dibantu juga sama air tajin yang saya sering buat dulu 😁😁😁 Tapi nggak lama BBnya drop lagi karena numbuh gigi. YA ALLAH...mumet rasanya kepala waktu tahu BB Raka drop lumayan banyak karena awal-awal numbuh gigi. Saya masih sok idealis mau ngikutin anjuran di luar sana yang katanya anak jangan dipaksa makan. Anjuran ini nggak berlaku di Raka ah...Masalahnya di tiap disuapin nangis terus loh. Makanan yang masuk pun cuma sedikit. Kelar drama tumbuh gigi, asli saya mikir,

Kok bisa-bisanya gw biarin aja dia makan sedikit demi ngikutin anjuran di social media iya 😞😞😞 Bodohnya kebangetan deh gw..

Akhirnya di drama tumbuh gigi selanjutnya, saya mulai keras ke raka. Keras dalam artian apapun keadaannya, Raka harus makan. Saya nggak mau tahu. Tapi saya memang tipikal ibu yang galak dan jahat sih 😔😔 marah-marah melulu. Tiap marah-marah nangis, nyesel,  minta maaf ke anak, eh besok dilakuin lagi. Gitu terus siklusnya. Nggak mau marah, tapi lihat raka nggak disiplin makan itu bikin stress loh apalagi keadaan badannya yang kurus begitu. 

Usaha demi usaha udah dilakuin sebisa mungkin untuk nambah berat badan Raka. Sampai akhirnya saya pasrah dan berusaha percaya kalau nanti juga bakal naik berat badannya. Tapi sampai umur 1 tahun, berat badan Raka nggak naik dengan bagus SAMA SEKALI. Saya mulai sedih setiap hari lihat Raka kurus kerempeng begitu. Padahal susu udah ganti ke Pediasure. Sedih tiap lihat anak lain bisa nyusu semudah itu pakai dot sedangkan saya REMPONG! Makan pun masih sebisanya karena kemampuan mulut Raka masih kurang bagus, masih terus diterapi supaya makin bagus ngunyah dan menelannya.



"Apa Raka butuh pakai selang NGT iya?"

Dalam hati kepikiran obrolan ibu-ibu Pasar Rebo yang anaknya akhirnya dianjurin pakai NGT karena badannya juga kurus. Sepertinya memang butuh deh. Tapi nanti kalau ditarik-tarik gimana? Kalau malah semakin rempong gimana? makannya dari selang juga? Tapi kemarin ada yang nggak setuju waktu gw cerita-cerita tentang selang? Harus ikutin kata hati apa ikutin kata orang lain iya? Mungkin masih bisa diusahain deh makannya.

Begitu terus sampai otak rasa mau meledak 😑😑 
Sempet didiskusiin ke GB, harus pakai selang atau nggak. GB pun mikirnya gimana nanti kalau ditarik terus copot, Raka kan seaktif itu tangannya. Akhirnya saya mikir lagi seribu kali. Bahkan waktu itu udah ada dokter yang menganjurkan Raka pakai NGT dari salah satu RS di Bekasi. Cuma iya akhirnya mikir-mikir lagi karena GB masih belum yakin.

Begitu tiba waktunya Raka cek ke klinik tumbuh kembang, baru deh diultimatum sama Dokter Arif untuk pakai NGT

Dokter Arif : Raka kok kurus banget iya sekarang..."
Suster : "Oh iya Dok. Kok kurus banget iya? Terakhir kesini nggak sekurus ini soalnya.."
Saya : "Iya Dok,Sus...Soalnya tinggi Raka naik terus tapi berat badannya masih 7.5 kg. Belum naik-naik. Padahal sudah pakai susu Pediasure. Cuma Raka mampu minumnya 90ml aja Dok. Itu juga nggak maksimal."
Dokter Arif : "Oh..Ini pakai NGT iya. Kurus banget ini. Nanti malah jadi malnutrisi. Pakai NGT iya.."
Saya : "Sekarang Dok? Iya udah kalau begitu..."
Dokter Arif : "Iya sekarang...saya resepin dulu iya. Nanti ke ruang sebelah..."

Jujur, saya sama sekali nggak kaget denger kata dokter. Malah sebenernya itu kata-kata paling melegakan bagi saya. Kalau Dokter Arif yang menganjurkan saya bisa apa? hahaha Kan dia yang dari awal diagnosis, jadi tahu kebutuhan Raka. 

Setelah keluar dari ruangan saya langsung telpon GB, ngasih tahu semuanya termasuk Raka pasang NGT. Untungnya, kali ini dia setuju sama keputusan Dokter Arif. ALHAMDULILLAH SESUATU...berasa bakal masuk ke chapter yang lebih mudah dan indah setelah pasang NGT. Kenyataannya mah KAGAK! 😂😂😂😂 Baru kelar pasang aja rewelnya nggak kelar-kelar rasanya sepanjang jalan ke rumah hahaha.
Tapi paling nggak, Raka semakin dipermudah proses menaikkan berat badannya. AMIN...Insyallah...

*Semangat terus Raka-chan 😘😘


...

Comments

  1. Gimna skrg raka nya bun? Apa berat badannya nambah, trs gmna stlah pakai selang ngt? Apa gk di lepas2 ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *